Susunan Kru Film


susunan kru film
Membuat film membutuhkan tim yang menangani setiap tugas dari mulai pra produksi hingga post produksi. Dalam postingan sebelumnya yaitu 3 posisi penting dalam pembuatan film telah disebutkan mengenai produser, penulis naskah, dan sutradara. Lalu kru lainnya apa sih yang ada dalam pembuatan film?

DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY (DOP)

Kerap diistilahkan "Sinematografer", adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendapatkan nilai artistik dan teknis pada pengambilan gambar. Bisa dibilang DOP adalah pemimpin kameraman. Walaupun begitu, tidak jarang DOP sendiri yang langsung menjadi operator kamera utama lho. Dalam menjalankan tugasnya, DOP dibantu oleh asisten, para kameraman dan lightingman/gaffer.

BOOMER

Adalah orang yang bertanggungjawab terhadap perekaman suara khususnya selama pembuatan film atau video. Dalam tugas pembuatan film, boomer selalu disandingkan dengan DOP lho agar singkron dalam segi gambar dan audio. Dalam pengoprasian alat-alat perekam, boomer dibantu oleh boom operator dan teknisi audio.

OFFLINE EDITOR

Adalah orang atau tim yang bertugas merangkai dengan cara memotong, meramu, menggabungkan footage dan audio sehingga tersusun menjadi sebuah cerita yang runtut dan berkesinambungan sesuai dengan urutan naskah dan arahan dari sutradara. Offline bukan berarti editor yang gak terhubung internet ya.

ONLINE EDITOR

Adalah orang atau tim yang bertugas menyempurnakan hasil offline editing agar siap untuk ditayangkan menjadi sebuah film utuh. Biasanya yang dilakukan dalam tahap ini adalah memperhalus kembali footage, memberikan sound effect, visual effect dan pewarnaan.

Bisa dibilang, kru yang disebutkan di atas bersifat teknis semuanya. Yang sering awam lihat ketika proses syuting adalah DOP dan seperangkatnya (asisten, cameramen, lightingman, dan boomer). Untuk editor bekerja di balik layar. Garis tanggung jawab kru teknis sata produksi berada di bawah sutradara.

Apakah susunan kru atau ini wajib ada? Tentu saja tidak. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Untuk fim pendek tentunya berbeda dengan film bioskop, apalagi film animasi. Bahkan untuk film pendek, kru bisa diringkas jadi 3 orang saja.

Semua kru dikoordinasikan oleh produser. Ibaratnya, produserlah pemimpin proyeknya. Walaupun begitu bukan berarti posisi kru yang lainnya tidak penting ya, sebuah film tidak akan berhasil tanpa adanya kontribusi dari setiap kru.

0 comments