Review DJI Ronin SC

Review DJI Ronin SC

Performa DJI Ronin S memang luar biasa. Tapi banyak pengguna yang menegluhkan jika gimbal professional ini terlalu berat. Memang sih, beban kamera, gimbal, ditambah lensa dan aksesoris cukup bikin encok apalagi yang ketika syut banyak pergerakan. Sudah ada korban teman saya yang masuk rumah sakit lho setelah angkat. Menjawab kebutuhan pelanggan, DJI mengeluarkan seri terbarunya DJI Ronin SC yang tak akan membuatmu encok. Apa saja sih keunggulannya, yuk kita bahas.

9 Keunggulan Dji Ronin SC

1. Dimensi casenya lebih kecil lho dari ronin S baik panjang, lebar maupun tingginya. Jika kita membawa koper Ronin S pasti gede banget kan? Padahal isinya ya cuma gitu. Rasanya akan beda dengan kita membawa koper Ronin SC yang serasa langsing. Padahal isi tetek bengek koper lebih banyak lho, tapi sepertinya DJI memaksimalkan penempatan layout Ronin SC agar bisa menampung lebih banyak tetekbengek dengan volume yang lebih kecil.

2. Batere lebih pendek? Jawabnya Ya. Tapi bangaimana dengan performanya? Jika sebelumnya saya menggunakan Ronin S selama sekirar 6 jam tanpa dimatikan hanya berkurang 2 bar, ternyata hal tersebut juga berlaku di Ronin SC lho. Lalu apakah baterai Ronin S bisa dipakai di Ronin SC? Ternyata walaupun sekilas sama tetapi tidak bisa saling tukar, karena walaupun pin sama, tetapi mounting dibuat sedikit meleset beberapa mm.

3. Seluruh berat termasuk peralatannya kecil-kecil. Mungkin namanya akan lebih pas kalau disebut Ronin S Mini ya hahaha. Ups, gak cuma kecil, berat Ronin SC ini juga jauh lebih ringan lho, sekitar sekiloan lebih dikit lah. Bisa jadi efek kecil ya.

4. Beban yang sanggup diemban oleh sang Ronin SC ini hanya 1.5 – 2Kg karena memang didesain untuk mirorless. Berbeda seperti Ronin S yang mencapai 3.6Kg . Bagi saya tidak masalah karena pengguna mirrorless juga yang mana kamera, lensa plus cage nya saja tidak sampai sekilo juga.
Lagian DSLR pun beratnya tidak sampai 2Kg lho, kecuali kalau pakai kamera cinema seperti Red Epic atau Arri Alexa Mini sepertinya kamu harus pake Ronin S deh.

Dji ronin s
Dji Ronin S
5. Gak kayak Ronin S, Paket pembelian Ronin SC dapet mechanical motor focus lho, sepaket dengan rod, karet gigi dll. jadi kamu tinggal pasang doang.

6. Dapet aneka tool yang gak ada di pembelian Ronin S, seperti kabel tambahan, focus module connection, Holder Smartphone, Kamera connection cable berbagai merk.

7. Badan Ronin SC sendiri, tidak ada perbedaan letak control sama sekali dengan Ronin S. Jadi gak perlu penyesuaian yang lama untuk menggunakannya jika sudah pernah pake Ronin S. Tapi ada tambahan yaitu penambahan lock di ketiga axisnya yang mana gak ada di Ronin S biar kalau dibawa di tas tidak bergerak bebas yang bikin umur gimbal gak lama.

8. Ini yang paling saya suka, dulu saya mendambakan DJI Force Pro buat mengendalikan ronin S saya untuk adegan ekstrim, tapi kok mahalnya minta ampun. Gimbalnya saja udah 11 jutaan belum lagi Dji Force Pro nya yang harganya 15 juta lebih, gak ada di Indonesia lagi. Kenapa tidak bisa menggunakan Smartohone saja yang mana giroskop Smartphone sekarang sudah jauh lebih canggih. Eh DJI seperti bisa baca pikiran saya, beneran muncul gimbal yang giroskopnya bisa dikontrol pakai HP, namanya “Force Mobile”. Selain itu trackingnya bisa menggunakan HP langsung lho dan teknologinya bahkan lebih keren daripada Active Track 2 yang mana sebelumnya menjadi yang paling mutakhir dan hanya ada di Mavic 2.

9. Selain itu penggunaan aplikasi lainnya yang lebih mudah daripada Ronin S sebelumnya. Misalnya untuk virtual control untuk kontrol jarak jauh atau mensetting deadband dsb. Fitur untuk pembuatan panorama, timelapse atau motionlapse juga lebih mudah, gak membingungkan kaya Ronin S.

DJI Ronin SC Worth it
Saya telah merasakan sendiri memakai DJI Ronin S dan telah mencoba DJI Ronin SC. Ronin SC memang belum masuk di Indonesia sehingga kalau pengen merasakan lebih awal harus beli di luar nih. Sebelumnya saya pernah menuliskan perbandingan DJI Ronin S vs Moza air.

Dengan munculnya DJI Ronin SC ini, sepertinya akan beralih menggunakan ini. Oh iya, dibanding Ronin S, harganya lebih murah lho, saat menulis ini saya cek harganya masih $439. Worth it? Banget. Bagaimana denganmu?

Author: Mahendrayana ST. 

0 comments