BAGAIMANA CARA MENGENALI FOTO YANG MENGGUNAKAN FILTER DAN TIDAK

Kecantikan dan ketamvanan adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan untuk dapat memikat lawan jenis. Tidak munafik, tentu saja baik pria atau wanita menginginkan dan bangga punya pasangan yang cantik atau tamvan sehingga faktor pertama dalam mencari pasangan hal ini dulu baru yang lain. Fenomena tersenut tentu saja yang membuat orang terutama wanita berlomba-lomba untuk membuat foto yang ditampilkan di segala sosial media terlihat kinclong. 

BAGAIMANA CARA MEMBUAT FOTO KITA TERLIHAT BENING?

Ada banyak sekali cara yang dilakukan agar wajah kita yang di bawah KKM itu bisa terlihat seperti model super. Namun saya akan jelaskan 3 cara yang umum digunakan untuk menginclongkan wajah. 

Pertama, menggunakan teknik pemotretan profesional

Sebagai fotografer profesional, tentu saja saya cukup memahami dunia perkameraan. Ada banyak sekali teknik yang dapat digunakan untuk menghasilkan gambar wajah yang sempurna. Misalnya saja sudut pengambilan gambar, penggunaan focal lenght tertentu pada lensa, pengaturan pencahayaan, setting kamera, hingga penggunaan filter softer yang fungsinya untuk menghilangkan cacat² kecil pada portrait sehingga wajah tampak seperti mulus.

Sebenarnya, penggunaan teknik atau gabungan dari beberapa teknik diatas sudah cukup untuk dapat membuat wajah kita terlihat sempurna. Oh iya, sebisa mungkin potret dengan format RAW ya agar potensinya jauh lebih maksimal. Walaupun mentah, potensi agar wajah kita benar-benar tampak sempurna akan lebih susah lagi untuk diidentifikasi atau bahkan tidak bisa diidentifikasi jika ditambahkan teknik dibawah ini

Kedua, menggunakan aplikasi editing foto

Gambar dari kamera saja terkadang tidak cukup. Bahkan sepertinya hampir semua gambar itu perlu dipoles di editing untuk membuat gambar benar-benar sempurna. Untuk itu, gambar mentah tadi perlu diedit terlebih dahulu. Tentu saja saya tidak pernah sama sekali menyarankan untuk menggunakan aplikasi editing dari ponsel. Saya hanya menyarankan untuk mengedit foto tersebut menggunakan aplikasi editing foto profesional seperti Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom pada PC

Kenapa harus aplikasi tersebut? Tentu saja karena aplikasi tersebut dapat mengedit foto dengan format RAW dengan jauh lebih maksimal dan leluasa. Foto pun tidak akan kehilangan detailnya apalagi jika digunakan untuk memperhalus wajah yang umumnya aplikasi-aplikasi lain kebanyakan tekniknya adalah menghilangkan detail dari wajah. Aplikasi tersebut bisa membuat foto mulus tanpa kehilangan detail dan kenaturalan foto sehingga apabila dizoom pun, jika belum pernah mengenal gambar yang ada di foto, orang akan menganggap foto tersebut asli. S

Ketiga, menggunakan filter instan

Tentu saja yang dimaksud dengan filter disini bukan filter yang dipasang didepan lensa atau sensor kamera profesional untuk mendapatkan efek tertentu pada hasil photo seperti color filter, cross screen, neutral density, close up, circular polarizer, dan lain-lain. 

Bukan ini

Yang dimaksud filter disini adalah filter dari aplikasi pengolah foto instan yang ada pada smartphone jaman sekarang. Ada banyak aplikasi yang bisa memuluskan wajah, misalnya fitur filter pada kamera, atau pada aplikasi editing semisal Snapseed, VSCO, Lightroom/Photoshop Mobile, Sampai aplikasi sosmed seperti Instagram.

Tentu saja karena sasaranya adalah orang yang pingin cakep, produsen smartphone dan aplikasi tersebut gercep membuat aplikasi pembuat cantik dan tamvan untuk memenuhi hasrat untuk tampil cakep. Tentu saja karena sasaranya orang umum, aplikasi tersebut sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk orang yang tidak pernah belajar teknis kamera sekalipun.

GIMANA DONG CARA BEDAIN EDITAN ATAU TIDAK

mantap editanya

Fotografer profesional yang memahami teknis gambar sampai ke akar-akarnya tentu saja akan menggunakan teknik Pertama plus Kedua. Tentu saja yang seperti ini akan sangat susah sekali diidentifikasi keaslian foto tersebut sampai kita kenal orang dalam foto tersebut atau setidaknya pernah ketemu secara live. 

Namun berbeda dengan teknik Ketiga, teknik ini lebih banyak digunakan oleh umumnya orang yang kebanyakan awam. Teknik ini juga sangat sederhana cara kerjanya sehingga pada akhirnya sangat mudah sekali untuk dideteksi

Agar sekaligus bisa menjelaskan cara kerjanya, saya akan jelaskan cara kerjanya dahulu ya

1. Pada umumnya, untuk menghaluskan kulit, semua aplikasi ini cara kerjanya adalah menghilangkan detail dari struktur wajah. Misal gambar asli, pori-pori pun bisa terlihat, jika sudah diproses aplikasi maka pori-pori sudah hilang. Menghilangkan struktur wajah seperti itu tentu saja membuat kita jadi cakep karena struktur yang kelihatan detail itulah yang membuat wajah kita terlihat tidak sempurna.

hilangkan detail

Sehingga cara yang paling untuk mendeteksi adalah zoom ke wajahnya, lihat apakah kedetailan wajah itu sudah hilang atau masih ada. Jika sudah hilang dan terkesan blur-blur gitu, maka dipastikan gambar tersebut adalah hasil filter.

Lihat, semua filter yang membuat gambar terlihat cakep semuanya menghilangkan detail dari wajah

2. Menghilangkan sebagian besar unsur yang mengandung gelap. Ya tentu saja karena wajah kita yang gelap atau kusam akan sangat menguangi ketamvanan dan kecantikan. 
before

after

3. Separuh lebih filter untuk membuat wajah cakep adalah merubah shape atau bentuk wajah orang dalam foto tersebut agar berubah menjadi standar cantik atau tamvan secara umum. Maka tidak heran terkadang kita merasa 'pangling' karena wajahnya agaknya berbeda kan? Ya hal tersebut karena sebenarnya sudah ada penelitian tentang bagaimana bentuk atau 'shape' standar wajah cantik atau tamvan itu. Hal ini dimanfaatkan oleh aplikasi dengan merubah shape wajah tersebut hingga mendekati standar.


Putih, masih muda, berkulit bening, bersih, dan berkerudung. Apakah sadar kalo rata-rata gambar cewek cakep di sosmed didominasi dengan tampang seorang wanita yang mempunyai paras kurang lebih sama. Karena itu, tentu saja membuat wajah yang sudah terkena filter tersebut berubah sampai ada banyak orang yang memiliki wajah hampir sama. Apabila ada foto yang ketika kita melihat lalu merasa "kok ini hampir sama ya sama wajah cewek cantik ini", maka gabungkanlah dengan cara-cara sebelumnya. Jika iya, maka itu wajah yang sudah kena filter.

0 comments