Properti Senjata yang Digunakan pada Produksi Film


Film bagus tidak hanya dari aktor dan alur ceritanya, tapi ada juga sisi art yang tak bisa dilupakan. Hal penting dari artistik film adalah properti. Benda-benda yang in frame di film seharusnya memiliki tujuan, apalagi jika memang sengaja ditonjolkan misalnya dalam film perang, senjata memang tidak bisa dipisahkan dari bagian properti utama. Senjata yang dimaksud disini adalah senjata api ya. Lalu bagaimana senjata senjata itu menjadi properti? Kita akan bahas langsung satu per satu.

Film dengan universe dimana senjata yang ditampilkan ada di sekitar kita

Ada banyak film yang jelas menggunakan senjata yang benar-benar ada di dunia nyata. Kita sebut saja film yang bertema perang dunia 1 atau 2 misalnya saja 1917, Joyeux Noel, Saving Private Ryan, Journeys End, Grave of the Fireflies, Beneath Hill 60,  The Pianist, They Shall Not Grow Up, dll. Bisa juga film dengan latar waktu perang dingin hingga sekarang.

Karena film tersebut benar-benar meniru dunia yang ada di sekitar kita, maka film tersebut mau tidak mau harus menggunakan properti yang dibuat sebisa mungkin seperti aslinya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang dilakukan departemen properti dalam shoting tersebut.

 

1. Menggunakan airsoft gun

Umumnya, memang sebagian film yang memerlukan properti senjata api menggunakan airsoft gun. Hal ini dikarenakan airsoft gun (tentu yang full metal ya) secara visual sangat mirip seperti aslinya, bisa sampai 75% lebih kemiripanya. Mulai dari ukurannya, rasio, sampai pada bagian yang detail sekalipun hampir mirip dengan aslinya sampai orang yang awam pun tidak akan menyadari itu bukan senjata beneran. Ada banyak film yang menggunakan properti airsoft gun sebagai pengganti senjata asli. Sebagai contoh, film The Raid menggunakan airsoft gun dalam mengisi properti senjata apinya.

 

Pemain papji pasti familiar kan? Ya, ini airsoft “HK416” yang dipasang suppressor suppresoran

Airsoft “Remington M700”, canggih ya mafia nya

“Knight's Armament PDW”, tentunya airsoft

Dengan kecanggihan teknologi, efek tembakan seperti kilatan api, asap hasil penembakan, selongsong, dan yang seperti itu bisa diciptakan dengan spesial efek komputer. Hal tersebut membuat walaupun menggunakan airsoft gun, pada hasil akhir film tersebut terasa seperti menembakan peluru sungguhan, sama sekali gak terlihat kalo aslinya senjata itu sebenarnya menggunakan peluru BB plastik 6mm dan gak keluar selongsongnya.

Airsoft dari Shotgun “Mossberg 500 Cruiser” yang kilatan apinya dibuat dengan visual effect

Tapi ada kalanya cara seperti itu bagi kritikus film justru memperburuk film. Penikmat film yang kebetulan mengetahui tentang dunia senjata api, misalnya agen rahasia yang lagi leyeh-leyeh nonton netflix karena capek bertugas, penggunaan properti seperti itu justru membuat penonton seperti ini merasa tidak puas, bahkan yang lebih parah bisa sampai tidak bisa menikmati film. Penggunaan airsoft tidak bisa sepenuhnya mirip dengan senjata asli, misalnya hentakannya yang sangat terkesan dibuat-buat atau berbeda dengan kenyataan, berat senjata yang terasa berbeda dengan kenyataan misalnya terlihat terlalu ringan, ada bagian yang seharusnya bergerak tapi tidak bergerak, bentuk flare yang aneh dan banyak hal yang mengakibatkan orang yang menonton tidak nyaman atau merasa janggal. Oleh karena itu, terutama Hollywood, properti seperti ini diganti dengan yang akan dijelaskan berikut ini.  

 

2. Menggunakan senjata asli

Ya bukan Hollywood namanya kalo dalam membuat film sampai tidak diperhatikan kedetailan dan mengakomodir orang-orang yang tidak nyaman melihat kejanggalan itu. Oleh karena itu hampir semua film yang khususnya menampilkan senjata api, mereka hampir selalu menggunakan senjata asli sebagai properti.

“FN SCAR 16S” dan “AKM” ASLI dalam film Ellysium. Di Papji ada dan mudah ditemui kok.

Hal tersebut dimaksudkan agar ya tentunya orang-orang yang seperti yang saya sebutkan diatas nyaman ketika nonton. Walaupun sebenarnya tujuan aslinya adalah agar film tersebut 100% atau setidaknya mendekati 100% mirip dengan aslinya. Tidak dipungkiri, penggunaan senjata asli benar-benar mengeluarkan flare, hentakan, berat, peluru dan mengeluarkan selongsong yang asli. Hal ini selain membuat film terasa seperti asli. Editor juga pasti senang karena tidak diperlukan editing terlalu rumit dan bikin lama. Bayangkan misalnya dalam 1 film ada puluhan ribu peluru yang ditembakkan, penambahan visual efek pasti cukup bikin pusing.

Oh iya kalo senjata tersebut asli, apakah menggunakan peluru asli? Tentu saja iya, namun peluru yang digunakan adalah peluru hampa. Peluru tersebut benar-benar menciptakan efek yang sama ketika menggunakan peluru asli, perbedaanya hanya 1, yaitu peluru tersebut tidak mengeluarkan proyektil.

Tapi bagaimana kalau film-film tersebut adalah film fiksi dimana senjatanya berbeda dengan universe kita?

 

Film dengan universe dimana senjata yang ditampilkan tidak ada di sekitar kita

Ya memang, kita sudah familiar dengan namanya film fiksi, yaitu film film yang mengisahkan cerita fiktif maupun narasi. Namanya film fiksi, tentu orang bebas membuat bagaimana sih dunia dalam film tersebut. Tentu saja tidak dunia, hal yang paling mendetailpun juga fiksi. Misalnya saja, ada makluk yang tidak ada di dunia kita, cara kerja dunia dalam film yang berbeda dengan yang ada di dunia kita atau apapun termasuk senjata yang tidak ada di dunia kita. Intinya adalah  dunia dalam film tersebut seperti berbeda universe dengan kita.

Nah dalam pembuatanya, tentu saja apabila film tersebut menggunakan senjata yang tidak ada di dunia kita, kita merasa asing melihatnya. Tapi bagaimana cara agar senjata tersebut bisa diciptakan dan masuk dalam film sebagai bagian dari property?

 

1.     Menggunakan senjata-senjataan

Sutradara adalah hirarki tertinggi dalam aspek kreatif film. Oleh karena itu, apapun permintaanya sebaiknya memang harus dipenuhi, termasuk pembuatan senjata. Oleh karena itu, apabila sutradara menghendaki untuk membuat senjata dengan bentuk begini begitu, maka ya sudah kita harus penuhi permintaan itu karena hanya dengan itulah film bisa menjadi sangat sempurna.

Oleh karena itu, banyak cara yang bisa dilakukan oleh pembuatan senjata-senjataan seperti ini. Cara yang paling mudah adalah mencetak senjata-senjata itu. Membuat senjata seperti itu bisa menggunakan jasa pembuat objek properti, atau bisa juga menggunakan 3D printing. Tentu saja sebelum menjadi properti yang digunakan dalam film, properti tersebut harus dipoles terlebih dahulu biar kelihatan sangat nyata, misalnya dengan ditambahi baret-baret, efek pantulan seperti logam dan lain sebagainya.

Senjata railgun “Chemrail”, senjata yang sepenuhnya fiksi dan hanya ada di universe Ellysium. Tidak ada senjata asli di dalamnya. Walaupun begitu, senjata railgun benar-benar ada di universe kita.

2.     Menggunakan senjata asli

Meskipun senjata-senjata tersebut fiktif atau tidak ada di dunia kita, namun sebenarnya properti senjata tersebut sebagian besar menggunakan senjata asli. Senjata asli tersebut dibalut dengan casing yang menimbulkan kesan futuristik atau membuat senjata tersebut terlihat asing dimata kita, walaupun gak asing-asing amat. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan alasanya adalah bahwa senjata asli sudah dirancang sangat ergonomis untuk bentuk tubuh manusia dan yang pasti akan sangat sulit untuk membuat rangka senjata dan sistem yang belum pernah ada di dunia nyata. Selain itu, tentu saja karena sifat realistis dari penggunaan senjata asli seperti berat, hentakan, kilatan cahaya dan apapun hasil dari produks senjata asli masih sulit disamakan realistisnya dengan penggunaan visual effect.

Sebenarnya, mayoritas film dengan universe yang berbeda dengan kita menggunakan teknik ini dengan alasan diatas. Pengen tau beberapa metode untuk mengaplikasikan teknik ini?

-    Menggunakan senjata asli yang sedikit didandani sehingga kita masih bisa melihat bentuk asli dari senjata tersebut

Misalnya saya film legendaris STAR WARS

Meskipun terkesan futuristik, seting film STAR WARS sebenarnya adalah pada jaman dulu sebagaimana tertulis di setiap intro filmnya.

Senjata dalam film ini terlihat seperti senjata laser yang ketika menembak tidak ada hentakan, tidak ada selongsong keluar dan tentu tidak ada proyektil yang keluar. Laser yang muncul pastinya hasil dari visual efek film. Senjata-senjata itu jelas tidak ada di dunia nyata, tapi didalam senjata itu, ada senjata asli yang sedikit didandani dengan property. Misalnya saja :

 

“Drearian Defence Conglomerate Defender Blaster Pistol” yang dibawa Leia Organa

“Vostok Margolin .22”, senjata asli dari DDCDBS. Tinggal tambah moncong seperti peredam di ujung laras

“Blastec DH 17 Blaster Pistol” yang dibawa pasukan Rebels saat melawan Stroomtrooper

“Sterling L2A1”, tinggal ganti moncong yang mengerucut, hilangkan popor dan tambah sejenis scope

“Blastec DL 44 Blaster Pistol”, yang dibawa Han Solo

“Mauser 96”, tinggal tambah moncong dan scope di samping pistol

“DLT 19 Heavy Blaster Rifle” yang dibawa Stroomtrooper

Senapan mesin “MG34” jaman perang dunia kedua

Dan masih banyak lagi, panjang nanti kalo saya sebutkan satu-satu. Ada banyak film yang menggunakan teknik ini. Tetapi yang jelas menggunakan senjata asli yang sedikit dipoles dan ditambahi sesuatu agar terlihat berbeda tetapi masih bisa dikenali bentuk aslinya. Tetapi ada hal yang perlu effort lebih agar senjata itu terlihat seperti senjata yang benar-benar berbeda universe dengan kita, yaitu dengan teknik

Menggunakan senjata asli yang dihilangkan beberapa bagian bukan inti, lalu dibungkus dengan casing sesuai bentuk senjata yang diinginkan.


Misalnya saja yang sering muncul di film STARSHIP TROOPER. Walaupun sama-sama menggunakan senjata asli di dalamnya, namun ada perberbedan yang bendasar dengan STAR WARS. STARSHIP TROOPER menggunakan senjata yang kita sendiri tidak mengenali bentuk aslinya karena dibungkus casing yang membalut penuh senjata aslinya.

“Morita Rifle”


“Ruger Mini 14” versi full auto, senjata asli dari Morita Rifle

 

Hilangkan saja popor dari, “Ruger Mini 14”, rubah konfigurasi senjata jadi bullpup dan kasih casing

Dan masih banyak lagi. Sekali lagi gak saya sebutkan satu-satu karena akan menambah jumlah words yang tentunya saya capek nulisnya.

Tetapi ada lho film yang menggunakan teknik-teknik keduanya, yaitu tetap mempertahankan bentuk asli senjata dan merombak senjata yang sudah ada. Misalnya saja dalam film AVATAR, ALIENS, OBLIVION, ROBOCOP, ELLYSIUM, DEEP RISING, TOTAL RECALL, dan banyak lagi. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang dalam membuat film akan menampilkan senjata api dalam filmnya.

Author: Mahendrayana.st


0 comments