Review Film Parasite (2019)


review parasite 2019
Berkali-kali membahas film ini di grup whatsap, berkali-kali pula menonton aneka review. Tapi mengupas film  parasite seakan tak ada habisnya. Ketika film ini menang Oscar dan tayang lagi di CGV, maka segera saja aku dan partnerku tak menyiakan kesempatan tersebut.

Sinopsis singkat (no spoiler)

Film Parasite (2019) menceritakan tentang kehidupan si kaya dan si miskin. Keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho), seorang supir cabutan yang menikah dengan istrinya Choong Sook (Jang Hye-jin) bersama dua anak mereka yang sudah berusia belasan tahun di sebuah apartemen bawah tanah yang tak layak huni. Mereka semua pengangguran. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka menggantungkan diri pada pendapatan kecil dari melipat kotak piza.
Namun suatu hari, putra dalam keluarga itu, Ki-woo mendapatkan pekerjaan mengajar les yang memungkinkan ia memperoleh pendapatan tetap.
Mulai dari sini, film Parasite menyuguhkan tontonan yang tak biasa.

Review

Pertanyaan para penikmat film kebanyak "mengapa parasite bisa menang Oscar ya?". Tema ketimpangan memang klise, tapi parasite berbeda. Kurang lebih, ini ulasan cinematic.id untuk Parasite (2019).
review parasite 2019

Kelebihan

1. Visualnya bagus
Ada keniatan menggambarkan setiap set nya. Rumah bawah tanah dengan segala keterbatasannya, rumah orang kaya dengan segala kenyamananya. Penggambaran ketimpangan yang sempurna. Dengar-dengar sih set nya beneran dibuat baru. Iya, rumah tersebut nyata dibuat untuk film Parasite.
2. ceritanya menjangkau semua kalangan
Di semua tempat di dunia ini pasti ada ketimpangan, terutama materi dan priviledge.  penonton merasa related dengan apa yang disajikan.
3. Konsepnya segar
Gabungan komedi, thriller dan drama membuat penonton tak hanya terhibur namun juga tak merasa bosan.
4. mind blowing
Meski prinsip ceritanya ketimpangan kaya - miskin, tapi alurnya benar-benar mind blowing dan tak bisa ditebak.
5. Kekuatan Penokohan
Pemilihan tokoh yang pas tak melulu harus sangat terkenal.

Kekurangan
Saya merasa ada dari film ini yang terpotong atau tidak dimasukkan ke dalam film karena durasi ataua lasan lain. Tapi bagi yang mengikuti film ini sambil mikir, pasti akan bertanya-tanya mengapa si guru seni itu bisa menaklukan si anak kecil dalam 1 kali pertemuan?

Mungkin film ini terlalu menginpisrasi untuk berbuat kriminal khususnya manipulasi jika tidak tersaring dengan benar oleh penonton.

Rate

4.5 dari 5 bintang
Parasite (2019) layak menang Oscar dan layak ditonton serta jadi bahan kajian sineas.

0 comments