Review Drone DJI Mavic 2


Review Drone DJI Mavic 2

Sudah setahun yang lalu atau mungkin lebih ya, DJI Mavic 2 telah datang dengan 2 versi, Pro dan Zoom. Setahunan menunggu harganya turun atau jual bekasan murah deh, tapi sepertinya ngga turun-turun ya? Yang jual bekasan juga sangat jarang lho jadi saya berkesimpulan Mavic Pro 1 sampai sekarang masih banyak diminati dan harganya juga jauh lebih murah, hampir setengahnya (untuk sama-sama combo). Akhirnya admin pun beli Mavic 2 juga deh sebagai penawar ngidam, jadi admin memiliki Mavic 1 dan Mavic 2. Langsung saja yaaa.....

Mavic Pro 2 adalah drone keluaran terbaru dari DJI di seri Mavic. Kita tau pada seri Mavic, DJI berusaha memberikan kualitas yang mumpuni di level profesional namun tetap mempertahankan portabilitas drone. Namun ada yang berbeda dari Mavic 2 ini, menurut saya drone ini menggabungkan kelebihan-kelebihan dari Portabilitas Dji Mavic, Kekokohan kamera seri Dji Phantom dan Keleluasaan pergerakan kamera seri Dji Inspire

Sebelumnya kita tau, ada beberapa fitur baru dari DJI Mavic 2 ini dari iklan DJI. Beberapa diantaranya adalah

  1. Bitrate Video hingga 100Mbps.
  2. Foto HDR.
  3. Video Coding H.265.
  4. Activetrack 2.0.
  5.  Terbang lebih lama, terbang lebih stealth.
  6. Obstacle Sensing lebih aman dengan 10 sensor omni-directional
  7.  Ocusync v2.0



Fitur diatas pastinya bisa diketahui di youtube resmi DJI. Namun ada perbedaan diantara Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom, dimana kedua drone ini ada fitur yang dikhususkan untung masing-masing tipe


fitur khusus pada DJI Mavic 2 Pro

Kameranya yang PRO

Sesuai dengan namanya. Menggunakan nama Hasselblad yang tertanam Sensor CMOS 1 inch dengan resolusi 20MP. Kamera Hasselblad terkenal sekali sebagai kamera yang menangkap detail dengan baik. Jika dibandingkan dengan Mavic 2 Zoom, Mavic 2 Pro sangat unggul untuk lowlight. Gambar yang dihasilkan memiliki gradasi yang super (10-bit) karena memiliki lebih dari 1 miliar warna. Namun sebenarnya percuma apabila viewnya menggunakan layar 8-bit atau 16 juta warna karena gradasinya akan terlihat seperti ada garis pemisah tiap warna.

Color Profile 

Color Profile baru yang diberi nama 10-bit DLog-M sehingga editor memiliki keleluasaan dalam post processing atau editing dikarenakan terdapat 1 miliar warna yang ditangkap dalam setiap pixelnya. Color Profile ini juga mampu menangkap dynamic range yang lebih luas, jadi baik di area highlight maupun di area shadow, kita masih bisa mendapatkan detail yang cukup banyak. Tidak ada yang terlalu overexposed ataupun yang underexposed. Namun jangan lupa, pengeditan harus didukung dengan layar yang mendukung 10 bit juga.

Video HDR

Mode Video HDR, video lho bukan foto. Jadi video yang kita rekam bisa menghasilkan dynamic range yang lebih luas lagi dan masing-masing objek di dalam frame mendapatkan kontras yang cukup. Suka dengan foto HDR? Apalagi video, pasti lebih puas.

Aperture

Aperture bisa diganti dari f/2.8 – f/11. Ini adalah fitur yang dibutuhkan oleh profesional dari seri drone-drone DJI maupun drone lain sebelumnya dimana hanya tersedia fixed aperture saja. Menggunakan aperture yang bervariasi, admin bisa menyesuaikan terang gelap maupun depth of filed baik foto atau video. Apalagi jika dituntut untuk menyajikan footage dengan motion blur yang pas, admin jadi terbantu

Fitur khusus pada DJI Mavic 2 Zoom

Zoom

Jelas lah soal zoomnya, namanya juga Mavic Zoom. Mavic seri ini memiliki 2x optical zoom (Focal Length lensa bisa diganti dari 24mm – 48mm) sehingga tidak ada penurunan kualitas gambar (cropping) saat di zoom. Keuntungan lain dari fitur zoom ini adalah soal silent capture, yang sangat dibutuhkan ketika subjek yang kita foto tidak bisa didekati secara fisik oleh drone karena akan mengganggu aktivitas natural dan keamanan objek (misal: hewan, kendaraan, dan tentunya orang atau manusia). 

Kita jadi bisa memotret dari jarak yang agak jauh dan tetap mendapatkan foto yang komposisinya pas dengan kualitas yang optimal. Selain itu relatif lebih aman karena bisa dapat tampilan cukup dekat meskipun drone diterbangkan jauh dari subjek. Begitu pula soal estetika, penggunaan focal lenght tinggi membuat field of view yang lebih sempit, hal ini akan memaksimalkan efek paralax ketika digunakan untuk merekam video sambil terbang memutar atau sambil terbang bergeser menyamping. Kemampuan zoom juga membuka teknik baru yang sangat jarang ada pada drone yaitu Vertigo Effect.

Superphoto

Hybrid Autofocus menggunakan phase & contrast detection. Fitur ini yang membuat saya merasa keren yaitu kemampuan layaknya lensa cinema dimana titik fokusnya benar-benar dipertahankan meskipun kita sedang melakukan zoom-in zoom-out bahkan ketika drone menjauh dan mendekat. 

Quickshot : Dolly Zoom

Selain itu autofokunya cepet banget karena focal lenght bisa dirubah, Mavic 2 Zoom memiliki mode atau metode foto baru yang menggabungkan beberapa jepretan 48mm. Mekanismenya adalah untuk mendapatkan foto dengan luas frame seperti 24mm, Mavic 2 Zoom akan menggunakan beberapa kali jepretan lensa 48mm dan digabung sehingga hasilnya selebar saat menggunakan focal length 24mm sehingga menghasilkan foto landscape beresolusi tinggi dan detail yang super sehingga tidak kalah dengan Mavic 2 Pro.

Yang terakhir adalah Mode quickshoot baru yang apik, yaitu Dolly Zoom. 


Konklusi

Nah dapat dilihat bahwa Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom memiliki fitur yang tidak ada pada drone satu dan lainnya, artinya keduanya memang digunakan untuk keperluan yang berbeda. 

Admin jadi kepikiran, kenapa ya begitu? Padahal kan bisa saja kedua jenis kamera yang digunakan itu memiliki kemampuan kedua kamera drone tersebut seperti memiliki sensor yang besar, kemampuan mengambil detail gambar tinggi, metode fokus yang supercepat, ada zoomnya dan aperture bisa dirubah sesuai keinginan sehingga kita tidak perlu membeli 2 drone untuk kebutuhan yang berbeda. Mungkin DJI memang menunda untuk menyematkan kemampuan tersebut di DJI Mavic 3 nya ya, hehehehe..


Jadi bagaimana? Apakah kawan-kawan cinematic.id berencana untuk membeli atau upgrade ke DJI Mavic 2? Jika iya mau yang Pro atau yang Zoom? 



0 comments