Mengenal Tool Photoshop Healing

Mengenal Tool Photoshop Healing
Photoshop memang saat ini merupakan software foto editing yang terlengkap. Dari pengguna newbie hingga fotografer profesional menggunakannya. Tapi masih banyak yang menganggap potoshop itu susah, tool nya banyak dan bikin bingung, atau malah khawatir hardwarenya lambat memproses editing karena kurang mumpuni.


Oleh karena itu, saya akan membagikan tutorial potoshop secara berseri. Sama-sama belajar dan mepraktikannya dari dasar tentu akan sangat baik. Untuk seri pertama ini, kita akan belajar menggunakan tool healing.

Letak tool pada photoshop biasanya ada di sebelah kiri layar. Temukan tool healing dan mari kita coba satu persatu. loh memangnya healing ada banyak? iya, betul sekali. Healing di potoshop itu ada beberapa jenis. Berbeda dengan tool healing di aplikasi smartphone misalnya Snapseed yang hanya ada 1 jenis. Tentunya keberagaman tool healing ini bagus dong, karena jadi saling melengkapi. Yuk mari kita buka photoshopnya.

1. Spot Healing
Bisa dilihat ya, ikonnya berbentuk seperti plester. Seperti yang tertulis di deskripsi tersebut, tool spot healing berfungsi menghilangkan noda-noda kecil pada gambar. Cara kerjanya dengan mengambil warna dari sekitaran spot. Setelah saya coba-coba memang benar hanya warna, tekstur nggak ikutan. Jadi, lebih cocok untuk menghaous objek kecil yang tidak memerlukan detail.
Mengenal Tool Photoshop Healing

Ini contohnya.
Mengenal Tool Photoshop Healing

Kita fokus pada wajah sebelah kiri. Disana ada noda jerawat kecil-kecil. Masih oke buat pakai healing brush tool ini.
Mengenal Tool Photoshop Healing

Lebih bersih kan? caranya nggak beda dengan aplikasi edit di smartphone. Cukup klik ikon helaing lalu klik objek yang mau dihilangkan.

2. Healing Brush Tool
Healing brush tool mirip banget ikonnya dengan spot healing. Tool ini cara kerjanya juga sangat mirip tool sebelumnya kok. Bedanya, dia nggak hanya mengambil warna namun juga tekstur. Gimana sih?
Mengenal Tool Photoshop Healing

Contoh kasus noda jerawat di wajah kanan. Wajah kanan itu tektur kulitnya lebih nampak. Jadi, kalau saya mau pakai healing brush akan kurang alami. Makanya saya perlu mengambil tekstur serta warna dari bagian sekitarnya.

Caranya adalah dengan klik ikon healing brush, klik alt pada keyboard, tahan, klik objek yang mau dihilangkan. Hasilnya noda jerawat akan hilang tapi warna dan tekstur kulit tetap alami.

3. Patch Tool
Mengenal Tool Photoshop Healing

Patch tool, ini lebih dramatis sih fungsinya hahah. Maksudnya dia bisa banget ngilangin objek berukuran besar dengan rapih. Fungsinya adalah memindahkan objek dan menggantinya dengan pixels dan atau teksur dari objek lain pada gambar tersebut.
Mengenal Tool Photoshop Healing

Caranya nggak ribet, cukup klik ikon, tandai bagian yang dipilih, geser deh. Nah, tempat meletakan objek itulah yang akan menggantikan bekasan lokasi objek tadi. Perhatikan gambar ini. Logo commuter line yang saya pindahkan tidak meninggalkan bidang kosong tapi malah lampu. Hal ini terjadi karena saya memindahkan logo ke arah kanan yaitu ke lampu. Tadaaa...lampunya ada 3.
Mengenal Tool Photoshop Healing


4. Content Aware move tool
Mengenal Tool Photoshop Healing

Yang ngga kalah canggih nih, content aware move tool. Fungsinya memilih dan menggeser bagian dari gambar yang kita pilih dan otomatis mengisi bagian yang tertinggal tersebut. Biar jelas, perhatikan ini aja deh. Dari hasil ngedit di menu healing tool sebelumnya di nomor 3, saya berniat memindahkan lampu 'jadi-jadian' tersebut ke kanan. Maka saya pakai tool ini.  
Mengenal Tool Photoshop Healing

Mengenal Tool Photoshop Healing


5. Red eye tool
Mengenal Tool Photoshop Healing

Kalau fungsi ini pasti semua tahu ya, karena di smartphone pun sudah ada. Bahkan di beberapa merek merupakan fitur bawaan dari kameranya.

Jadi, setelah mengetahui fungsi 5 tool healing pada photoshop kita makin bebas nih berekspresi. Maisng-masing fungsi bisa saling dikombinasikan. Misalnya hasil content aware kok kurang rapih pinggirnya, bisa tuh dihalusin pakai healing brush.
Selamat mencoba ya!

0 comments