Go Pro Hero Black 7 VS DJI Osmo Pocket



Jagat kamera memang dinamis banget. Satu brand baru melaunching produk dengan inovasi WOW, langsung deg ditimpali brand lain yang nggak kalah WOOOW. Sebagai konsumen kadang bingung sendiri. Baru mau beli produk A, eh brand B kok lebih menggoda. Harus jeli sih memang, memeriksa spesifikasi dan harga yang paling pas dengan kita. Yang terbaru adalah Go Pro Hero Black 7, tak berselang lama DJI meluncurkan DJI Osmo Pocket. Mirip sih secara kegunanaan, tapi bagaimana perbandingannya?

Persamaan

  • Targetnya adalah Traveller, Vlogger dan Mobile Filmmaker.
  • Memiliki layar yang sama-sama memiliki touch screen sehingga memudahkan untuk monitoring gambar dan kontrol menu tanpa menggunakan smartphone atau pihak ketiga.
  • Kemampuan merekan 4K dalam 60 fps.
  • Menggunakan sensor yang setara dengan smartphone high end dengan ukuran 1/2.3.
  • Dirancang untuk dapat dipegang hanya dengan satu tangan.
  • Mempunyai aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh dan support android maupun ios untuk memaksimalkan fitur. Aplikasinya bernama Dji Mimo untuk DJI OSMO POCKET dan GOP untuk GO PRO HERO 7 BLACK.

Perbedaan

  • Sistem stabilisasi DJI OSMO POCKET menggunakan gimbal 3 poros sedangkan GO PRO HERO 7 BLACK menggunakan stabilisasi digital/elektronik dengan metode penyesuaian posisi, crop dan rotasi dengan nama dagang "hypersmooth".
  • Bukaan lensa f/2.0 untuk DJI OSMO POCKET dan f/2.8 untuk DJI Osmo pocket.
  • Lensa yang terpasang untuk DJI OSMO POCKET adalah flat dan untuk GO PRO HERO 7 BLACK adalah lensa distorsi tinggi (fisheye)
  • Harga baru dari situs resmi terhitung saat tulisan ini di post adalah DJI OSMO POCKET 349 USD atau sekitar 5 juta rupiah dan GO PRO HERO 7 BLACK seharga 399 USD atau 5.8 juta rupiah. Namun pengusaha sepakat menjual GOPRO HERO 7 BLACK dengan harga 6.99 juta

Kelebihan Kekurangan

Go Pro Hero Black 7 VS DJI Osmo Pocket

Kelebihan Go pro hero 7 black
  1. Dimensi yang kecil dikarenakan sistem stabilisasi yang tidak menggunakan motor gimbal dengan kestabilan hypersmooth yang tidak kalah dengan gimbal.
  2. Sistem stabilisasi yang menurut penulis relatif lebih fleksibel, praktis, dan sesuai dengan kehendak dikarenakan pergerakannya cukup dikontrol manual dengan tangan.
  3. -Relatif lebih mudah untuk dipasang di perangkat lain seperti drone racing maupun mobil.
  4. Sistem stabilisasinya tahan guncangan dan g-force tinggi.
  5. Gambar yang tajam dalam mode wide/fisheye.
  6. Anti air sampe sekitar 10 meter tanpa perlu kotak waterproof.

Kekurangan Go pro hero 7 black
  1. Superioritas Go pro hero 7 black adalah di gambar melengkung atau superwide.
  2. Kualitas gambar akan pecah jika diperbesar hingga 4x.

Go Pro Hero Black 7 VS DJI Osmo Pocket

Kelebihan DJI Osmo Pocket
  1. Gambar lebih tajam dibandingkan dengan Go pro hero 7 black apabila di zoom hingga perbesaran 4x.
  2. Gambar dasarnya adalah flat sehingga terasa lebih natural.

Kekurangan OP
  1. Dimensinya yang besar memanjang karena menggunakan sistem stabilisasi gimbal motor 3 poros. Begitu juga gimbalnya rentan untuk patah apabila tidak berhati-hati
  2. Karena sistem stabilisasi menggunakan gimbal maka perlu setting kamera lebih dan terkadang pergerakan tidak sesuai dengan kehendak kita.
  3. Relatif lebih susah untuk dipasang di perangkat lain seperti drone racing maupun mobil, dan sistem gimbal membuat kamera ini selalu mengikuti bidang datar.
  4. Hasilnya akan terasa berguncang apabila kita melewati obstacle seperti polisi tidur dan sebagainya.
  5. Gambar hanya bisa mode flat, untuk menghasilkan efek seperti fisheye perlu dilakukan di post production, namun hasilnya akan kurang maksimal karena pada dasarnya FOV nya tidak lebih dari 90'.
  6. Karena menggunakan gimbal motor yang terbuka, maka gadget ini tidak bisa menyelam sesuka hati. Untuk itu diperlukan perangkat tambahan apabila digunakan untuk menyelam.

Itu dia review mengenai DJI Osmo Pocket versus Go Pro Hero 7 Black. Pilih yang mana? Silakan pertimbangkan parameter kelebihan dan kekurangan masing-masing produk. Selamat berkarya!

0 comments