Dji Ronin S VS Moza Air

Dji Ronin S VS Moza Air
Perkembangan aksesoris kamera memang luar biasa. Jika dulu kita hanya bicara lensa, filter, sekarang seiring pesatnya tren videografi stabilizer juga nggak kalah godaanya. Stabilizer bukan lagi ranahnya para film maker semata. Vlog yang cinematic sudah menjadi tujuan dari para awam belakangan. Tentu maunya kita bikin video yang nggak nampak amatir dong. Stabilizer ini ngefek banget lho. Yang masih hangat jadi pembicaraan adalah DJI Ronin S dan Moza air. 2 brand ini menyedot perhatian khalayak karena janji portabilitasnya selain juga kestabilan hasil serta fitur. Lalu sebenarnya apa saja ish keunggulan mereka? yuk disimak!

Persamaan DJI Ronin S dan Moza Air

Dalam dua stabilizer ini apa sih yang sama?

- Single handheld
- Unobstructed roll motor
- Follow focus wheel, opsional untuk model wireless
- Joystick yang mudah dioperasikan (bukan model geser)

Kelebihan Masing-Masing

Sebelum membeli suatu barang pasti dong pengen tahu kelebihannya. Apalagi kalau ada pilihan dari merek lain. Berikut ini fitur andalan DJI Ronin S dan Moza air.

DJI Ronin S
- baterai bisa dilepas dan jika dilepas akan mengurangi setengah dari volumenya. Sedang moza tidak, tapi menggunakan baterai senter
-Support perangkat banyak seperti dji focus, dji force pro dan master wheel
-Selain asesoris, harga unit sendiri lebih murah daripada moza. Untuk unit saja Dji ronin s sekitar 8.3 jt sedang moza air 2 9.4 juta
-bisa langsung mengontrol kamera dari inframerah maupun kabel tertentu, termasuk autofokus untuk kamera tertentu.

Moza air
-daya angkut yang lebih besar daripada ronin s. Menurut klaim daya angkut ronin s 3.6kg sedang moza air 2 4.2kg
-baterai yang menggunakan baterai senter tipe 18650 memiliki kelebihan lebih mudah dicari dan murah apabila rusak karena suatu hal.
-asesoris yang lebih murah, jika dibandingkan dengan dji. Anggap saja wireless follow focus moza air 2 seharga 3 jutaan saja untuk motor dan hand unit sedang dji focus untuk unit dengan fungsi yang sama persis mencapai 15 juta.

Lalu kamu akan pilih yang mana?

0 comments