Fakta Terkait Memory Card Yang Harus Diketahui


memory card
Apa sih pertimbangan kamu ketika memilih memory card untuk gadget? Jangan bilang hanya kapasitas dan harga saja ya. Sebab ternyata memory card punya spesifikasi tertentu lho. pernah memperhatikan berbagai kode di memory card? Itu semua nggak sembarangan. Yuk kita kenali fakta-fakta terkait memory card.


Jenis- jenis memory card

Suka bingung nggak sih pas mau beli memory card kok namanya beda-beda ya. Ada SD card, SDHC, SDXC, aduh kalau ngga support ke device kita gimana? Tenang, nama-nama itu berkaitan dengan kapasitasnya. 

SD card untuk kapasitas 2GB atau kurang. SDHC untuk kapasitas di aats 2GB-32GB. Sedangkan SDXC kalau lebih dari 32GB hingga 2 Tera. Ada ya memory card sekapasitas hdd? Adaaa!

Arti kode di memory card

Coba dilihat kartu memorinya deh, ada tulisan apa saja di sana? Di sebalah kanan biasanya ada tulisan jenisnya, misal SDXC. Nah pas di sampingnya ada angka romawi. I atau III gitu kan? Makin gede angkanya, speknya makin tinggi. Lalu di bawahnya ada angka lagi dekat huruf “C”. Angka ini menunjukan classnya.di gadget masa kini baik smartphone maupun kamera,biasanya ada anjuran untuk memakai memory card minimal class 10. 
arti kode memori card

Lalu ada tulisan kecepatan, misal 90 MB/S. Itu adalah kecepatan pembacaan data atau reading speed, misalnya saat transfer ke pc dari memory card. Kalau kecepatan writing (biasanya ngga tertulis di kartu, tapi ada di spesifikasi) adalah kecepatan menulis data. Misalkan contohnya kecepatan gambar dari sensor kamera sampai di memori. Penting mana? Writing speed dong, bayangkan saja otak manusia. Makin cerdas, kemampuan menangkap informasi makin cepat kan? 


arti memory card

Class adalah cara pembagian kartu memori sesuai dengan kecepatan dalam melakukan proses read (membaca) dan write (menulis) sebuah data. Dalam istilah class speed rating memory card terdapat 5 jenis speed rating antara lain Class 0, Class 2, Class 4,Class 6, dan Class 10. Speed rating atau transfer rate adalah kecepatan memindahkan data dari satu titik ke titik lain. 

Class 0 memory tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum.
MicroSD Class 2 memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 2 MB atau setara 16 Mbps.
MicroSD Class 4 memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 4 MB atau setara 32 Mbps.
MicroSD Class 6 memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 6 MB atau setara 48 Mbps.
MicroSD Class 8 memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 8 MB atau setara 64 Mbps.
MicroSD Class 10 memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 10 MB atau setara 80 Mbps.

Apakah di atas kelas 10 masih ada? Ada dong. Tapi namanya jadi ultra high speed (UHS). Gimana spesifikasinya?

UHS Class 1 memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 10MB atau 80Mbps).
UHS Class 3 memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 30MB atau 240Mbps).

Memory Card Palsu

Sudah beli memory card spek tinggi kok malah corrupt sih? Bisa jadi memory card kamu palsu. Masih segelan nggak jaminan itu barang asli. Atau, mahal juga nggak jadi garansi itu bukan memory card palsu. 

Cara paling awam adalah memerhatikan kemasan. Kualitas cetakan, kualitas pembungkus. Juga dengan cara memerhatikanc informasi yang ada. Apakah ada tulisan kapasitas memory?atau polosan? Coba lihat juga apakah yang melekat di badan memory card kamu berupa sticker? Jika iya, waspadalah. Memory card asli biasanya dicetak langsung di bodynya, bukan berupa sticker. Kalaupun sticker ya ada hologramnya. 

Tapi ciri fisik sih masih bisa diakali oleh penjahat kalau sudah ketahuan triknya. Jika mau lebih pasti, ada kok aplikasi di smartphone yang bisa menunjukan itu memory card asli atau palsu. Misalnya aplikasi SD insight, SD bench. 

Aku harus memilih memory card yang mana? Untuk para videomaker, urusan memori card ini sangat crusial. Video adalah kumpulan frame-frame foto, sehingga jangan sampai ada frame yang terhambat atau malahan tak tersimpan. Jangan lupa untuk mengecek spesifikasi memory card yang Anda beli. Sebab pada memory card biasa, yang tertulis di badan memory hanay read speednya saja. Padahal write speed sangatlah penting. Jika transfer rate lebih tinggi dari write speed, ada kemungkinan memory card bisa gosong. Yang tak kalah penting adalah pastikan memory card yang Anda beli asli.

1 comments