Tips Hunting Foto Saat Mudik

Tips Hunting Foto Saat Mudik

Mudik adalah momen yang dinantikan para perantau, terlebih lagi jika mudik lebaran. Biasanya banyak waktu senggang saat mudik, jadi inilah saat yang tepat untuk hunting foto. Perjalanan di sepanjang jalur mudik, kampung halaman, kuliner lokal, semuanya bisa kita eksplorasi. Mungkin saat di kampung Anda akan merasa biasa saja dengan hal itu. Tapi, saat kembali ke kota memori card yang menyimpan foto tersebut menjadi sangat berharga. Bagaimana agar saat mudik bisa sambil hunting foto?

Jangan abaikan moda transportasi

Anda memilih kendaraan pribadi, kereta api, bus, atau pesawat? Semuanya bisa kita eksplor kok. Stasiun atau bandara merupakan objek foto yang tak kalah indah untuk diabadikan. Bahkan jalan tol serta keriuhan macet adalah sesuatu yang menarik bagi lensa kamera.

Kapal laut dan kereta api menawarkan sensasi jalur yang tak biasa. Sepanjang jalan, pasti ada objek baru yang unik. Tapi, sebaiknya perjalanan bukan dilakukan malam hari sih agar upaya pemotretan lebih mudah terutama jika kameranya kurang mendukung suasana malam hari.

Temukanlah Pasar Tradisional

Pasar merupakan cerminan asli dari budaya lokal. Di sepanjang jalur mudik pasti dong kita bakal nemuin pasar. Cobalah untuk sejenak memotret human interest maupun arsitektur di sana. Apalagi kalau saat itu kondisi jalan sedang macet dan Anda menggunakan kendaraan pribadi, sangat fleksibel dong.

Pasar kedungwuni
Pasar Kedungwuni Pekalongan

Bangunan bersejarah jangan kelewatan

Internet akan mudah memandu kita mencari informasi mengenai bangunan atau lokasi bersejarah baik itu di sepanjang jalur mudik maupun kampung halaman. Bangunan bersejarah memiliki nilai lebih untuk diabadikan. Dari segi arsitektur juga pastinya unik. Mudik bisa sekalian piknik deh.
Masjid sembari istirahat

Masjid seringkali dijadikan tempat istirahat sejenak pemudik. Coba pilihlah masjid yang memiliki daya tarik tersendiri, misal dari segi arsitektur. Akan menjadi nilai plus jika pada saat itu sedang ada momen seperti buka puasa atau sholat. Semakin terkesan natural.

Tempat wisata Pastinya

Kalau nggak musim mudik, belum tentu bisa sambil menjelajah tempat-tempat wisata. Jadi, manfaatkan kesempatan untuk hunting foto juga di spot wisata favorit Anda.
Wayang orang sriwedari
Wayang orang sriwedari

Event seru

Momen lebaran dengan segala rangkaiannya merupakan event tahunan. Akan tetapi, setiap tahun pasti ada ciri khasnya dan berbeda-beda dengan tempat lain. Misalnya event shola tied, syawalan pada hari ke 7 lebaran, maupun event lain yang unik dan hanya ada saat lebaran.

Kuliner lokal

Nah, makanan dan hidangan lebaran khas dari daerah masing-masing adalah objek yang lezat. Tak hanya untuk lidah, namun juga kamera Anda. Jangan ragu untuk memotret aneka kue lebaran atau kudapan endemic di tempat Anda mudik.

mi so krapyak
mi so dengkil khas Pekalongan

Bawa gear memadai

Setelah poin-poin tadi berfokus pada lokasi, poin terakhir ini berbeda. Inilah kunci dari semuanya. Gear Anda harus memadai dong. Kalau nggak mau repot, kamera smartphone sudah cukup sih. tapi, kalau ada kamera lain yang lebih mumpuni kenapa engga?

Itulah tadi tips agar menyempatkan hunting foto saat mudik. Tak lupa siapkan fisik yang sehat lalu nikmatilah perburuan Anda.

0 comments