Review Zhiyun Smooth Q Stabilizer Smartphone

zhiyun smooth Q
www.zhiyun-tech.com/smoothq
Ngevlog sudah bisa dilakukan oleh semua orang. Jika dulu kita punya hambatan karena tidak ada kamera yang mumpuni, sekarang kamera smartphone sudah umum digunakan sebagai sarana vlogging. Produsen berlomba menciptakan kamera yang bening, developer aplikasi juga ikut menciptakan berbagai aplikasi mobile video editing yang mudah digunakan. Kekurangan dari vlog atau video yang direkam dengan smartphone adalah kestabilannya. Getar, goyang, memberikan kesan amatir meski sebenarnya objek dan teknik shoot sudah keren. Keberadaan stabilizer untuk smartphone sangat membantu untuk aktivitas ini. Aku sudah menggunakan Zhiyun Smooth Q, 3 axiz gimbal stabilizer yang membuat videoku nggak terlihat amatir.


Tongsis Vs Stabilizer

Ada yang masih pakai tongsis? Tongsis atau monopod memang mebantu saat pengambilan video dengan kamera depan atau menjangkau sudut pandang yang berbeda. Akan tetapi, urusan stabilitas masih sangat tidak bisa diandalkan. Meski bentuknya mirip, stabilizer berbeda dengan tongsis. Ada komponen elektronika di dalamnya yang mengunci smartphone kita meski merekam sambil berlari sekalipun.


Paket Penjualan Zhiyun Smooth Q

Dalam paket penjualanya, Zhiyun smooth Q tersimpan dalam box yang enak buat dibawa-bawa. Kelengkapan lain yang berada di dalam kardus selain box adalah kabel charger dan buku panduan dalam berbagai Bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Oiya, Zhiyun Smooth Q juga memiliki aplikasi smartphone untuk konektivitas. Jadi, pengendalian dan menu bisa lewat smartphone.


First Time Impression

Hal pertama yang aku lakukan setelah memastikan kelengkapan barang adalah mencobanya. Ngerekam video sambil jalan, sambil berlari, bahkan sambil naik ojek motor. Wow, hasilnya beneran stabil sesuai dengan yang ada di iklannya.


Kelebihan Zhiyun Smooth Q

Selain urusan merekam video jadi bisa lebih stabil, ada lho kelebihan-kelebihan lain yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memiliki perangkat ini.

1| Clamp (pegangan smartphone) nya bisa landscape bisa portrait
2| Mendukung smartphone 4 hingga 6 inchi
3| Baterai awet, bisa 12 jam on terus
4| Bisa sambil charging smartphone dari stabilizer


Kelemahan Zhiyun Smooth Q

Selama beberapa bulan pemakaian, aku menemukan kelemahan-kelemahan yang ada di produk ini.

1| Aplikasi yang tersedia memakan memori dan baterai cukup besar
2| Tombol untuk moving kurang nyaman digunakan
3| Perpindahan mode dengan tombol di stabilizer maupun smartphone tidak begitu jelas. Maksudnya user tidak tahu sedang menggunakan mode apa sebab di smartphone tidak ada keterangan (kecuali menggunakan aplikasi)
4| Body mudah lecet karena berbahan plastik
5| Fokus ala hape, tidak bisa mengunci di satu titik


Tips Penggunaan Zhiyun Smooth Q

Diantara kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Handhel 3 axis stabilizer Gimbal Zhiyun Smooth Q, aku punya tips nih agar penggunaanya lebih efisien dan efektif.

1| Tidak usah memasang aplikasi. Meski harus memencet layar smartphone secara langsung saat mau merekam atau memotret, rasanya ini lebih baik. Aplikasinya berat banget, banyak iklan, dan pastinya menguras baterai.
2| Zhiyun smooth Q bisa dipakai sebagai tripod saat memotret. Letakan saja di permukaan yang datar, lalu hidupkan timer pada kamera smartphone kamu.
3| Selalu menyimpannya di dalam box. Karena bodinya rapuh, sebaiknya selalu simpan di box yang tersedia. Selain menghindari lecet, kita juga tidak perlu khawatir stabilizer jatuh yang mengakibatkan rusaknya part- part di dalamnya.


Kesimpulan

So, apakah kamu tertarik memiliki stabilizer Zhiyun Smooth Q agar rekamanmu dengan smartphone lebih terlihat pro? Cukup worth it kok.

0 comments