Mengenal Efek CGI, Yang Bikin Avenger Infinity War Semakin Keren



Mengenal Efek CGI, Yang Bikin Avenger Infinity War Semakin Keren

Sudah nonton film Avenger Infinity War belum? Meski kamu nggak ngikutin versi sebelumnya, akan sangat menarik kok buat ditonton. Ini bukan hanya soal jalan cerita yang menarik, promosi yang gila-gilaan, dan pemain yang memang sudah terkenal semua. Lebih dari itu, Avenger Invinity War memanjakan mata penontonnya dengan efek-efek CGI yang menawan. Sudah tahu belum soal CGI? Kenapa CGI di film-film Indonesia terkesan norak dan ngga sekeren Avenger?

Apa sih CGI?

Mungkin sebagian besar dari kita pernah mendengar istilah green screen atau vluescreen. Atau justru pernah membuat video pakai layar hijau di belakangnya. CGI lebih dari mengganti gambar pada background hijau green screen atau background biru bluescreen dengan teknik keying. Sebab CGI itu bisa berbentuk efek 3D. Bayangkan saja adegan di Avenger Infinity War saat cincin raksasa masuk ke new York dan meluluh lantakkan kota. Apakah kamu berpikir itu beneran? Atau berpikir itu hanya kota miniatur?

Adegan itu memang terjadi di kota beneran, bukan miniatur. Tapi tampilannya dibuat ‘selebay’ mungkin dengan batuan CGI. Dengan adanya CGI adegan yang biasa saja bisa nampak nyata dan memberikan ilusi sempurna. Cerita jadi semakin kuat karena imajinasi menjadi tak terbatas untuk direalisasikan.

cgi-avengers
pict by nerdist.com
CGI adalah kependekan dari Computer Generated Imagery. Kalau di Wikipedia disebuatnya pencitraan hasil komputer. Intinya sih CGI itu konten visual animasi yang dihasilkan dari pengolahan oleh perangkat lunak. Kita bisa membuat efek CGI dengan batuan software yang dijual bebas seperti Adobe illustrator, Adobe after effect, Blender, dan 3D max. Tapi aku yakin banget kalau CGI nya Avenger Infinity War nggak dibuat pakai software tersebut. hasilnya bagus banget sih, dan dari proses syuting ke tayangnya film ngga pakai lama.

Proses pembuatan Efek CGI

CGI itu mahal bukan hanya karena softwarenya, kreatifitasnya, namun juga oleh prosesnya yang perlu banyak step. Apalagi untuk sekelas film Avenger Infinity war yang bertaburan CGI dari awal hingga akhir. Contoh sederhana saja, umpama kita ingin membuat CGI sebuah ruangan 3d statis, ada beberapa step yang harus dijalani.

1| konsep
Imajinasi yang ada di otak kita, harus diwujudkan dalam bentuk nyata dong. Inilah langkah pertamanya, membuat sketch sederhana. Oret-oret maunya seperti apa, perlunya apa saja, detail keteranganya kayak gimana. Tanpa konsep, yang ada CGI kita mungkin nggak akan jadi-jadi karena hapus-bikin-hapus-bikin.

2| Design 3D
Setelah membuat konsep 2D, langkah selanjutnya adalah menuangkannya dalam bentuk 3D. Disinilah skill animator diperlukan. Apalagi kalau CGI nya meliputi objek dinamis dan statis sekaligus. Aku belum bisa bayangin sih sebagaimana repotnya.

3| Detail
Pernah nggak sih kamu melihat hasil dari efek CGI yang kartun banget atau malah kayak tempelan? Hahah kalau di Indonesia identic dengan “sinetron Indosiar”. Asal mulanya sih karena stasiun televise ini nayangin sinetron-sinetron dengan efek naga-naga terbang dan sejenisnya yang terkesan masih mentah.
cgi making
pict by www.cgmeetup.net

Sentuhan lighting yang benar, akan membuat objek hasil rekaan CGI jadi lebih real. Ya ibaratkan saja kamu lagi ngelukis, kalau ada efek datangnya cahaya dari mana…lukisan bisa jadi lebih kece kan? Gradasi pada objek akibat lighting itu penting.

Apapun itu baik manusia, objek, pemandangan, pasti punya texture alami. Nah, CGI yang baik harus memperhatikan factor ini. Kalau engga, ya jadinya seperti kartun saja. Software yang baik pasti memiliki kemampuan untuk ini, tapi skill onimatornya juga berpengaruh.

CGI Yang Gagal Akan Merusak Cerita

Pernah nggak sih, kamu nonton film seru banget tahu-tahu nemuin CGI yang apa adanya? Kesan kita terhadap film tersebut bakal tercoreng *halah. Kalau nggak mampu bikin CGI effect yang real, mendingan nggak usah sama sekali. Bikin saja miniatur seperti di serial ultraman heheh atau drama full seperti Dilan 1990.

Kesimpulannya, Film Avenger Infinity War memberikan insight yang luar biasa dari segi efek CGI selain factor lainnya. Bukan hanya merasa terhibur, penonton terbawa suasana dan menyangka semua yang terjadi adalah realistis.

0 comments