Hal Yang Perlu Dipahami sebelum nonton Doctor Strange multiverse of madness

Hal Yang Perlu Dipahami sebelum nonton Doctor Strange multiverse of madness
Doctor Strange in the Multiverse of Madness (selanjutnya disebut DS2) dimata pecinta Marvel lagi hype-hypenya sekarang. Awalnya saya menduga kalo film ini akan jauh lebih lebih wow daripada Spider-man : No Way Home (selanjutnya disebut NWH) dan Avenger Endgame karena konsep Multiverse yang sudah dibuka yang membuat film MCU semakin kompleks, filosofis, penuh logika dan sulit diprediksi jalan ceritanya. Saya sendiri belum nonton karena bioskop di sini sudah penuh sampai tanggal 8 Mei. Karena itu, apa saja sih yang perlu dipersiapkan sebelum nonton film ini? Tulisan ini lebih saya tujukan kepada yang sama-sama belum menonton ya.

Pembahasan teaser dan trailer

Salah satu keistimewaan Spiderman No Way Home (selanjutnya akan kita sebut dengan NWH) adalah element of surprisenya dan itu diletakkan di sepanjang film bahkan sampai ke post-credit scene. Siapa yang menyangka bahwa post-credit scene kedua dari NWH adalah teaser untuk Doctor Strange 2 yang membuat kita semua penasaran bagaimana jalan cerita filmnya dan yang pasti tujuan Marvel adalah duit alias kita dibuat 'wajib menonton filmnya'.

Baca: Hal yang harus kamu ketahui dari Spiderman No Way Home

Saya sendiri bingung memetakan siapa yang sekiranya paling bertanggung jawab atas kekacauan multiverse di MCU. Di awal tahun, kita disuguhkan Wanda Vision (seriesnya bisa diikuti di Disney plus) yang membuat kita merasa bahwa Wanda-lah penyebab dari keretakan Multiverse. Begitu juga di tindakan Sylvie di penghujung series Loki. Untuk hal ini saya belum nemu logikanya dan mungkin banyak sekali yang bahas ini di youtube. Walaupun kredibilitasnya belum diketahui, pembahasan tersebut bisa jadi masukan. 

Di trailer kedua ada part dimana dr. Strange ngeliat patungnya sendiri yang tentu dibuat untuk mengenang jasa pahlawan. Banyak yang berteori kalau itu dr. Strange lagi ada di universe dimana yang mengorbankan diri untuk melawan Thanos bukanlah ironman, melainkan dirinya sendiri. Saya sendiri sangat setuju dengan teori ini mengingat yang dilihat dr. Strange sendiri hanya 14 juta kemungkinan dan 1 kemungkinan menang. Mungkin jika diteruskan misal 20 juta kemungkinan, bisa jadi ada banyak kemungkinan menang (bisa mencapai lebih dari 5jt kemungkinan menang) dan salah satu skenarionya adalah dr. Strange sendiri yang mengorbankan dirinya. 

Lalu ada pula bercak darah pada baju Wanda. Apabila dilihat dari sejarah Captain Marvel yang memiliki darah biru, kemungkinan besar ini akibat dari Wanda yang telah membunuh Captain Marvel. Tapi bisa juga darah tersebut adalah darah dari beberapa anggota Illuminati yang kebetulan berniat menghentikan Wanda. Bisa juga darah tersebut adalah darah variant dr. Strange seperti Defender Strange yang sedang melindungi America Chavez ketika Wanda ingin memanfaatkan kemampuan berpindah universe. 


Selain itu, dalam trailernya setidaknya ada 8 variant dari dr. Strange. Variant tersebut adalah dr. Strange dari universe utama, Evil Strange, Defender Strange yang menurut saya sekilas mirip Romy Rafael, Zombie Strange, Supreme Strange , Daddy Strange , Beast Strange, dan Stephen Strange si manusia biasa yang kerja jadi dokter bedah, yang menghadiri pernikahan Christine Palmer. 

Tokoh yang kemungkinan muncul di Doctor Strange multiverse of madness

Berdasarkan dari trailernya dan analisa liar fans, ada beberapa tokoh di luar tokoh yang jelas muncul yang kemungkinan akan muncul di Doctor Strange multiverse of madness (dengan urutan yang kemungkinannya rendah ke yang paling tinggi) antara lain :

- Variant Iron Man yang katanya akan diperankan oleh Tom Cruise. Walaupun saya kurang yakin karena beberapa gambar yang tersebar sudah jelar gambar editan dimana Iron Man dengan wajah RDJ diedit dengan diganti wajah Tom Cruise di salah satu filmnya. Walaupun begitu, ada kemungkinan Iron Man akan muncul karena banyak dipertunjukkan kemunculan geng Illuminati dan beberapa produk Tony Stark semisal Ultron Sentries. Tom Cruise sudah berpacaran dan syuting bareng Mission Impossible 7 dengan Hayley Atwell sang pemeran Peggy Carter. Bisa jadi kedekatan mereka berdua dimanfaatkan Boss MCU Kevin Feige merayu Tom Untuk berpartisipasi dalam film ini.


- Professor X. Dan hal ini diperkuat dengan concept art nya. dan jelas Patrick Stewart sudah terang-terangan memerankan Professor X. Informasi mengenai ini sudah banyak tersebar di manapun. 

- Mr Fantastic atau Reed Richard. Sama halnya dengan Professor X, tokoh ini juga akan muncul dalam film dengan alasan yang sama. Bisa jadi gerombolan superhero Fantastic 4 yang jumlah anggotanya 4 orang itu berpeluang sangat besar hadir di sini. 

- Captain Marvel. Mengingat banyak sekali bermunculan tokoh dengan wujud yang sepertinya binary mode. Tapi karena wajahnya hitam dan sepertinya lebih mirip Maria Rambeau. Di komik maupun MCU, Maria adalah ibu dari Monica Rambeau alias Photon. Bisa jadi di universe lain, si Maria yang kena ledakan Lighspeed Engine dan jadi Captain Marvel. Warna energi Captain Marvel pas jadi Binary pun sama sama orange keemasan. Jadi cocok lah dengan warnanya.

- Captain Carter. Terpampang jelas dengan adanya Shield Captain Carter baik di Cover dan trailernya. 

Film apa yang harus ditonton untuk Doctor Strange multiverse of madness

Sama seperti film Spiderman No Way Home yang tentu saja ada kaitanya dengan film Spiderman dari Sam Raimi dan Marc Webb, begitu juga dengan Doctor Strange multiverse of madness. Dalam Spiderman No Way Home, memang semua villain yang ada hanya pada universe Spiderman saja sehingga cukuplah jika kita sedikit belajar untuk memahami jalan cerita Spiderman dengan nonton Spiderman pendahulunya. Namun dalam DS2, karena konsep multiverse dikabarkan sudah terbuka lebar maka kita perlu menonton film yang berkaitan dengan tokoh maupun villain didalamnya. 

Karena sebelumnya kita sudah bahas soal tokoh yang muncul, maka ada cukup banyak film yang harus kita tonton terlebih dahulu. Beberapa diantaranya adalah :

Trilogi Iron Man. Ya karena dirumorkan akan muncul Variant Iron Man, tidak ada salahnya yang belum nonton untuk nonton terlebih dahulu. Tapi jika tidak, saya rasa tidak apa-apa untuk tidak ditonton terlebih dahulu. 

Captain America. The First Avenger (2011 - Phase 1). Rumor kemunculan dari Captain Carter merujuk pada serial What If eps 1 - Peggy Carter Were the First Avenger?. Dalam serial ini Captain Carter yang menerima suntikan serum super soldier karena Peggy Carter merasa mubazir kalau serum tersebut tidak disuntikkan kepada siapapun. Pada akhirnya, Peggy Carter menjadi wanita yang berotot macam Hilda di Mobile Legends dan menjadi Captain Carter, yang mana seharusnya serum tersebut disuntikkan kepada Steve Rogers. Banyak sekali clue bahwa Captain Carter akan muncul di DS 2 mulai dari cover film DS 2 sampai dengan trailer-trailernya yang menunjukan tameng vibranium Captain Carter. Jika memang benar muncul maka untuk mempelajari siapa Peggy Carter, film ini bisa ditonton. 

Avenger : Age of Ultron (2015 - Phase 2), saat karakter Wanda Maximoff dan Pietro Maximoff memulai debutnya. Dilanjut hingga Avenger : Infinity War (2018 - Phase 3) dan Avenger : Endgame (2019 - Phase 3).

Doctor Strange (2016 - Phase 3). Jelas karena ini adalah filmnya, tentu harus paham karakternya dong hahaha. 

Captain Marvel (2019 - Phase 3). Dimana pengenalan karakter Captain Marvel pertama kali sekaligus perkenalan tokoh Carol Danvers, Monica Rambeau, Maria Rambeau, Nick Fury dan kawan-kawannya. 

Spiderman : No Way Home (2021 - Phase 4). Ya karena film ini diperkenalkan lewat post credit scene kedua dari film ini ditambah kekacauan multiverse juga dimulai dari film ini. Film Spiderman sebelum NWH juga boleh kok ditonton dulu, tapi misal tidak sempat, cukup lah NWH. 

Semua episode dari Series Wanda Vision (2021 - Phase 4). Tentu saja karena diprediksi Wanda adalah salah satu villain utama di film ini. 

Semua episode dari series Loki (2021 - Phase 4)

Semua episode dari series What If (2021 - Phase 4)

Siapa Villain utamanya ? 

Sejalan dengan Spiderman No Way Home, sepertinya Doctor Strange Multiverse of Madness juga akan menampilkan lebih dari satu villain tetapi tentu saja ada 1 villain yang menjadi villain utama. Yang jadi masalah adalah konsep multiverse yang sudah muncul akan membuat kita kesulitan mendeteksi mana yang akan ditempatkan sebagai kawan atau lawan. Mengingat banyaknya variant dari karakter-karakter baru dengan role dan sifat karakter yang akan jauh berbeda mengingat di universe lain belum tentu kejadianya akan berjalan sebagaimana universe utama. Berdasarkan analisa pribadi saya, kemungkinan yang akan menjadi villain utama adalah Wanda Maximoff.

Wanda dan Kekuatan Seorang Ibu

Bagi pecinta Marvel garis keras, moment dr. Strange melawan Wanda Maximoff sudah sering ditampilkan di komik Marvel. Tapi apakah Wanda jahat? Pada dasarnya Wanda Maximoff bukan orang jahat. Tapi dia memang rentan berbuat jahat. Jujur saja, kalau kita mau bernarasi tentang orang baik yang disakiti, Wanda salah satu orang yang sangat cocok masuk dalam narasi tersebut. Kedua orangtuanya mati terkena misil buatan Stark Industries. Lalu kita semua tahu semenjak Sokovia hancur, Wanda menyaksikan kematian saudara kembarnya Pietro Maximoff, justru saat mereka berdua mau "kembali ke jalan yang benar". Kemudian, dia terpaksa membunuh kekasihnya demi menyelamatkan dunia, hanya untuk melihat kekasihnya dihidupkan lagi lalu dibunuh lagi. 


Kesedihan dan kehampaannya membuat ia menciptakan semacam dunia fantasi di mana dia berharap untuk menemukan kebahagiaannya yang bisa kita lihat di series WandaVision. Pemicu retakan multiverse dimulai di episode final dari WandaVision saat Wanda lepas kendali atas power nya menjadi Red Witch dan membalik halaman kitab Darkhold. Di momen Endgame, baru kita lihat kekuatan Scarlett Witch sebenarnya yang mampu menghajar Thanos hingga jungkir balik. Dia niat banget bunuh Thanos karena dendam kesumatnya dan dia yakin punya kapabilitas untuk melakukan itu. Dari situ orang akan paham jika kekuatan Wanda menjadi tak terbatas (re:overpower) hanya jika dia melepas kendali. Jika Thanos tidak diberikan plot armor, mungkin udah berakhir di tangan Wanda. Di film Doctor Strange multiverse of madness ini, kemungkinan Wanda akan memanfaatkan power America Chavez untuk membantu mencari seseorang yang dicintai yang belum jadi korban, anaknya sendiri. 

Tapi apakah Wanda akan melakukan hal-hal buruk yang seharusnya tidak dia lakukan? Kalau tidak justru tidak ada ceritanya alias ga seru. Mungkin pada akhirnya tokoh Scarlet Witch memang bakal jadi tokoh gelap dan kompleks dalam MCU. Rentan berbuat jahat, tapi bukan sepenuhnya orang jahat. Ditakuti dan dijauhi orang baik, tapi dibutuhkan dan dicari kalau ada ancaman yang mengerikan. Disinilah saya berasumsi bahwa Wanda lah main villain dari film ini. Namun saya tidak menutup kemungkinan adanya villain utama lain dalam film ini. Adapula kemungkinan villain utama yang lain adalah Variant Strange, entah itu dr. Strange yang lain atau Supreme Strange. Di Sanctum secara sinis & mengintimidasi dalam trailer kelihantan nya dia memberi warning kepada Strange, bahwa ada kekuatan lain yang lebih jahat.

Jika ada teori lain semisal Illuminati adalah villain utamanya, saya pribadi merasa kurang masuk akal dan tidak ada alasan yang kuat untuk menjadi villain mengingat dalam racikan MCU hampir selalu villain yang dibangun memiliki alasan kuat untuk menjadi villain. 

Alur Cerita Doctor Strange multiverse of madness

Kenapa alur cerita saya tempatkan di akhir? Karena alur cerita dari film ini lumayan sulit untuk dianalisa. Namanya multiverse sudah terbuka, banyak sekali cerita yang akan mungkin terjadi. Film ini sempat ditunda perilisannya, dan bahkan sempat beredar kabar ada sejumlah adegan yang disyuting ulang karena cerita yang bocor atau sesuatu yang lain. Hal tersebut bisa jadi pertanda film ini sedang tidak beres produksinya. Entah nanti filmnya yang tidak sesuai ekspektasi atau bagaimana. Sutradara film yang sebelumnya, Scott Derickson, pun sempat mundur karena perbedaan visi lalu diganti dengan Sam Raimi sang spesialis film horor yang juga jadi sutradara trilogy Spiderman. 

Tapi, jika melihat trailer, film ini sepertinya sudah cukup matang. Setiap still dari trailer seperti sudah sangat rapi komposisi dan pencahayaannya. Saya memprediksi film ini mungkin bakal menyamai kesuksesan Spider-Man: No Way Home atau bahkan melampauinya. Semoga saja

Setelah selesai nonton Doctor Strange multiverse of madness, bisa baca kembali tulisan ini dan garis bawahi mana saja yang tepat dan mana yang meleset. Sampai jumpa di bioskop!

Author: Mahendrayana Setiawan Triatmaja

0 comments