Hal Yang Harus Kamu Pahami Sebelum Nonton Spiderman No Way Home

spiderman no way home


No Way Home, film paling ditunggu di tahun 2021 dengan konsep multiverse-nya bikin bocah tahun 2000-an kegirangan. Dan suprise, setelah di trailer pertamanya sudah muncul Doc Ock versi Alfred Molina dari film Spiderman 2. Tentu bikin yang saat itu tahun 2004 masih bocah nostalgia parah.


Saya ingat dulu beberapa teman saya yang anak sultan dan HP nya sudah 'berwarna' semacam Sony Ericsson, Nokia 6600, N-gage dan sebagainya, banyak yang memasang wallpaper Spiderman yang lagi gelud sama Doctor Octopus. Ya Doctor Octopus ini entah kenapa jadi villain yang paling disukai sejak jaman Spiderman Sam Raimi dan dimanfaatkan dengan baik di 'iklan' No Way Home dengan kata-kata super singkat jelas dan padat, "hello Peter". Tentu saja gak cuman Doctor Octopus, dalam trailer tersebut juga muncul berbagai villain dari film-film Spiderman mulai universe Sam Raimi dan Marc Webb. 

Villain di No Way Home


SEKILAS MENGENAI TRAILER NO WAY HOME

Trailer No Way Home ini bisa jadi adalah trailer paling bikin hype yang pernah dikeluarkan dari MCU. Akibat trailer ini, semua sudah pada tahu bahwa No Way Home ini mengusung konsep multiverse yang memungkinkan kedepanya Marvel jadi jauh lebih leluasa dalam membuat filmnya. Hal ini ditunjukan hampir di seluruh trailernya yang sudah dirilis yang semuanya menyinggung Multiverse. Oh iya bagi yang belum tau nih, universe Spiderman Sam Raimi itu dikenal dengan universe Earth-96283 , universe Marc Webb dikenal dengan universe Earth-120703 dan universe MCU atau Earth-199999. Banyak sekali kan? 

Jika dilihat sekilas dari trailernya, cerita No Way Home ini kurang lebih adalah seperti ini : Setelah mengalahkan Mysterio, Peter Parker menemui masalah yaitu identitasnya dibongkar oleh Mysterio. Sebelum mati, Mysterio yang dianggap pahlawan membuat Peter Parker seolah menjadi jahat dengan membuat video dia diserang dan dibunuh Spiderman. Menyebarlah berita ini karena ulah J Jonah Jameson, bos Daily Bugle mulai masif memberitakan hal tersebut. Kekacauan hidup Peter Parker pasca terbongkarnya identitasnya sebagai Spiderman serta tuduhan atas pembunuhan Mysterio membuat dia dan orang terdekatnya berurusan dengan aparat. Karena itu, Peter Parker minta tolong sama Doctor Strange untuk membuat semua orang lupa dengan Spiderman. Namun justru kekacauan terjadi, portal multiverse terbuka dan muncullah villain² dari universe Spiderman yang lain. 

Munculnya para villain yang sudah muncul di Spiderman sebelumnya tentu hal membuat film ini ditunggu. Dampak lainnya adalah film-film Spiderman terdahulu kembali ditonton dan hal ini dimanfaatkan Netflix (mungkin Disney+ juga) dengan menambahkan film Spiderman dari jaman Sam Raimi sampai Homecoming ke dalam list mereka. Dan yang saya temukan adalah, film-film itu jadi top search lho. Dan saya pun juga nonton disitu juga akhirnya hahahaha. Ada yang disini marathon film Spiderman karena pacarnya ngajakin nonton Spidey? 
Top search Netflix


Nah karena itu, mari kita nostalgia sejenak dengan mereview film-film sebelumnya terlebih dahulu sebelum besok kita menonton No Way Home.


BEKAL SEBELUM NONTON NO WAY HOME

Saya termasuk orang yang perlu menonton ulang Spiderman movie sebelum nonton No Way Home. Tidak ada salahnya untuk me refresh dengan menonton kembali film² terdahulunya karena semua villain disini adalah villain dari jaman Spiderman Sam Raimi (universe Earth-96283) dan jaman Marc Webb (universe Earth-120703) 

Sosok Spiderman merupakan seorang pria (remaja) biasa yang bernama Peter Parker dimana sejak jaman Sam Raimi di tahun 2002 hingga saat ini sudah dimainkan oleh tiga orang yang berbeda. Tobey Maguire di Spiderman versi Sam Raimi, Andrew Garfield di versi Marc Webb dan Tom Holland di versi MCU. 

Daripada nanti lupa cerita dan detail²nya kan. Hasil marathon nontonin spiderman itu, jika dirangkum hasilnya sebagai berikut:

Rangkuman Spiderman (2002)

Kalau ingin tahu asal mula spiderman versi sutrada Sam Raimi, maka nontonlah spiderman yang rilis pada tahun 2002. Spiderman ini menjadi film pertama layar lebar manusia laba-laba dan film ini dibuat oleh rumah produksi Sony Picture dan tokoh utama yang diperankan oleh Tobey Maguire sebagai Peter Parker. Kekasihnya Bernama Mary Jane, yang ceritanya masih siswi SMA tapi tampilannya sudah seperti mbak-mbak. Memang udah tua sih saat memerankan MJ. Spiderman versi Sam Raimi ini bisa dibilang lebih banyak dramanya dan kesannya Peter Parker ini sudah MISKIN, ditambah lagi punya masalah rumit dengan keluarga dan kepribadiannya. Intinya adalah Spiderman Sam Raimi ini Spiderman paling ngenes. 

Musuh spiderman di versi ini adalah Green Goblin yang 'merasuki' tubuh ayah teman Peter yaitu Norman Osborn. Sebeneranya bukan merasuki seperti roh jahat gitu ya, tapi Norman menyuntikan ke dirinya sendiri serum sejenis super soldier captain america yang ternyata efek sampingnya bikin Norman Osborn jadi gila dan berkepribadian ganda.

Nah Green Goblin ini akan muncul di Spiderman No Way Home. Kalau kita perhatikan, musuh Spiderman yang paling aneh penampakannya ya Green Goblin ini karena kepalanya berupa topeng 'mangap gabisa mingkem'. Plus yang unik adalah ternyata wujud Green Goblin di sini dan di trailer No Way Home sama persis lho.


Menemukan perbedaan? atau sama?


Rangkuman Spiderman 2 (2004)

Film tersebut merupakan kelanjutan dari film sebelumnya dan masih diperankan oleh Tobey Maguire, film kedua ini menceritakan kejadian setelah kematian Green Goblin dan hubungan rumit antara Peter Parker, Mary Jane dan Harry Osborn setelah kematian ayahnya. Drama banget deh versi yang ini, ditambah Mary Jane nya yang bikin beban Peter bertambah. Untuk musuh spiderman di sini adalah Doctor Octopus yang merupakan manusia jahat dengan 4 lengan mekanis akibat kegagalan percobaan reaksi fusi. Nah sebenarnya Doc Ock ini baik, hanya saja terpengaruh menjadi jahat oleh AI dari lengan mekanisnya. 

Meski di Spiderman 2 Doctor Octopus sudah hilang di dalam sungai, namun di Spiderman No Way Home dia fix akan muncul. Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahkan di trailenrnya jelas-jelas dia ada, dijadikan 'gong' lagi di trailernya. Anyway antara Spiderman 2 itu sudah diproduksi 17 tahun yang lalu lho, tapi si Alfred Molina sepertinya tidak ada perubahan disini.

Spiderman 2



No way home


Rangkuman Spiderman 3 (2007)

Di serial terakhir ini yang dibintangi oleh Tobey Maguire ini menceritakan kisah Peter Parker melawan musuhnya, yaitu Sandman, Venom yang secara tidak sengaja merasuki fotografer lawan Peter saat sedang berdoa di gereja dan New Goblin alias Harry Osborn. Di sini akhirnya terkuak kronologis kematian paman Spiderman yang sebenarnya maksa sih karena aneh kalo disambungin dengan Spiderman 1. Urusan Peter dengan Sandman sebenarnya sudah baikan lho, di akhir film dia memaafkan dan berdamai, tapi di No Way Home kok dia muncul lagi, hemm kenapa ya?


Rangkuman The Amazing Spiderman (2012)

Film tersebut merupakan film pertama Spiderman yang di Reboot akibat Spiderman 3 Sam Raimi dianggap gagal dengan tokoh Peter Parker yang kali ini dimainkan oleh Andrew Garfield. Film ini menceritakan kembali bagaimana Peter Parker menjadi Spiderman saat masih duduk di bangku SMA. Kekasih spiderman bukan MJ lagi, tetapi gadis berambut pirang nan cerdas Gwen Stacy. Salah satu yang menarik di film ini adalah si Spiderman yang ini TIDAK MISKIN dan munculnya logika baru soal kekuatan Peter, bahwa gigitan laba-laba tersebut memang memberikan kekuatan super. Akan tetapi, berbeda dengan seri film sebelumnya, jaring laba-laba tidak keluar secara alami dari tangan Peter tetapi dari alat buatannya sendiri. Musuh spiderman di sini adalah Doctor Connors yang menjadi kadal secara tidak sengaja karena ingin menumbuhkan tangannya. Oh iya di trailer No Way Home, bapak-bapak kadal ini juga muncul lho. 


Rangkuman The Amazing Spiderman 2 (2014)

Di serial ini merupakan serial kelanjutan film sebelumnya, namun di film ini akan muncul baru bernama Electro yang dendam terhadap Spiderman. Gwen Stacy meninggal huaaaaaa. Pertarungan dengan electro dan Hary Osborn jadi-jadian ini sengit sekali. Menghabiskan banyak nyawa dan menghancurkan kota. Apa jadinya jika Electro muncul kembali di Spiderman No Way Home? Ternyata di trailer No Way Home Electro muncul juga lho dengan pemeran yang sama tapi dengan wujud yang berbeda.


Rangkuman Spiderman Homecoming (2017)

Era baru Sony bekerja sama dengan Marvel untuk proyek film terbaru Spiderman dan film ini tersebut yang diperankan oleh Tom Holland sebagai Peter Parker. Dalam film Spiderman versi Tom Holland ini, menghadirkan nuansa lebih ceria dan khas remaja. Film ini sudah tidak menjelaskan bagaimana asal mula Spiderman mendapat kekuatan, karena pasti sudah tau semua. Film Spiderman Homecoming juga menghadirkan sosok Avengers, yaitu Tony Stark (Iron Man) sebagai mentor Peter Parker yang harus belajar bagaimana menjadi superhero yang baik di usianya yang masih remaja.

Salah satu peran menarik di Spiderman Marvel adalah aunt May. Jika sebelumnya berupa nenek-nenek yang belum move on dari suaminya, maka di sini dia nampak sebagai nenek-nenek juga tapi dengan penampilan yang 'cukup cantik dan bahenol'. Aduh salah fokus. Film ini juga yang memulai dari universe Spiderman MCU

Ada yang pernah ngira itu MJ?


Rangkuman Spiderman Far From Home (2019)

Film ini merupakan kelanjutan film sebelumnya dengan Tom Holland yang masih memerankan tokoh Peter Parker. Dalam film ini Spiderman akan berhadapan dengan Mysterio dan akan muncul beberapa para tokoh Avengers lainnya. Nah di akhir film inilah awal cerita dari No Way Home ini berasal. 

Nah gimana dengan bekal refresh ingatan film-film spiderman sebelumnya dari berbagai universe, kita pasti akan lebih bisa menikmati Spiderman No way Home kan?

Tapi setelah menonton ketiga film tersebut plus melihat semua traileenya, saya jadi merasa terdapat catatan akan beberapa kejanggalan dan timbul prasangka  :

1. Kita tau bahwa Doctor Strange adalah orang yang sangat cerdas. Sebelum jadi tukang sihir, beliau adalah dokter bedah yang sangat terkenal akan kecerdasanya dan karena itu dia jadi super kaya. Tapi yang bikin heran, bisa-bisanya Doctor Strange mengabulkan permintaan Peter dan menggunakan mantra terlarang padahal sudah diperingatkan oleh Wong. Sekali lagi, Doctor Strange ini bukan orang sembarangan lho. Pasca Endgame bisa dibilang dia salah satu pentolan di superhero Marvel dan bukan lagi orang yang sok menjajal time stone pada apel tanpa tahu resikonya. Anehnya dia malah mengacaukan tatanan realitas hanya demi identitas Peter Parker. Padahal di MCU hampir semua superhero identitasnya sudah diketahui publik, kecuali sih Doctor Strange punya tujuan lain atau mungkin saja karena efek series LOKI, entahlah. 

Aneh-aneh


Saya sampai saat ini masih coba berprasangka baik kepada Pak Dokter dan berharap dia punya alasan masuk akal untuk mengabaikan peringatan dari Wong dan membuat kita menoleransi bahwa semua kekacauan ini adalah karena kegagalannya mengeksekusi mantra (kendati sepertinya Peter juga ikut andil memecah konsentrasi Strange). Bagaimanapun untuk seseorang bergelar penyihir agung, kegagalan sefatal ini bisa dibilang meresahkan juga. Saya berharap Ancient One tidak menangis di akhirat melihat tingkahnya. 



2. Apabila benar villain² tersebut berasal dari universe Sam Raimi dan Marc Webb, ada beberapa kejanggalan juga. Misalnya saja, kita tau 3 dari 5 villain tersebut sudah 'dibunuh' oleh Spiderman di film sebelumnya. Green Goblin mati dibuat tertusuk oleh glidernya sendiri, Doctor Octopus mati karena menenggelamkan reaktor matahari buatannya sendiri, Electro juga mati karena kelebihan muatan listriknya sendiri. Tapi disini mereka semua hidup lho.

Die..


Hal yang membuat saya berpikir kalau sebenarnya para villain ini sebenarnya bukan dari universe Sam Raimi dan Marc Webb adalah, perbedaan fisik dari Electro itu sendiri. Memang sih 3 dari 5 villain itu masih diperankan oleh aktor yang sama, tetapi khusus Electro entah kenapa penampilan dan "teknis" dari Electro itu berbeda. Electro yang di Universe Marc Webb itu berwarna biru plus badannya dipenuhi listrik. Tetapi di No Way Home listrik yang dihasilkan berwarna kuning dan dia masih berwujud manusia normal (bukan mutan) , superpower nya pun berasal dari sejenis arc reactor yang biasa dipakai Tony Stark. Tentu hal ini membuat kita curiga bahwa mungkin hanya kebetulan villain tersebut sama tapi bukan dari universe Spiderman sebelumnya. Ya kayak Thanos di Endgame lah, serupa tapi pribadi yang berbeda. Apalagi kita tau universe Marvel itu tidak terhingga. 
Beda banget ya, yang kuning nampak lebih berwibawa


3. Nah misalkan mereka semua berasal dari universe Sam Raimi dan Marc Webb, kenapa sang Spiderman dari universe tersebut tidak tersedot juga ke universe MCU? Jujur saya termasuk orang yang maish berharap Tobey Maguire dan Andrew Garfield akan muncul di film ini untuk memerankan Spiderman versi mereka. Siapa tau kan? lagipula menghadapi 5 villain sekaligus terlalu merepotkan untuk ditangani oleh Spiderman Tom Holland seorang diri walaupun sudah dibantu oleh Doctor Strange.


nah loh..

Namun saya juga berusaha untuk tidak terlalu berekspektasi. Perlu diakui bahwa segala teori dan cocoklogi fans memang sangat menyenangkan untuk direalisasikan, namun kita sudah belajar bahwa tidak semuanya akan terpenuhi dan sudah melihat banyak contoh orang-orang yang kecewa karena ekspektasinya sendiri. Kalau memang beneran muncul anggap saja itu bonus hahahahaha. 


AKHIR KATA

Ya kita belum tau lah bagaimana kebenarannya. Karena filmnya belum mulai maka kita harus tonton terlebih dahulu biar kita tau bakal seperti apa. Lagipula sering kan trailer Marvel berbeda dengan filmnya. 

Selamat menonton!

0 comments