Rekomendasi Kamera Yang Praktis, Murah dan Berkualitas Untuk Vlog

Rekomendasi Kamera Yang Praktis, Murah dan Berkualitas Untuk VlogDi postingan sebelumnya tentang tips membuat vlog kita thau bahwa vlog atau video blog merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video sebagai media pengganti teks. Dikarenakan media yang digunakan adalah video, maka kita harus memiliki modal untuk mengambil video dengan baik.

Berikut gadget yang dapat kita pakai untuk nge-vlogging  :

1. Smartphone

Tentu saja smartphone merupakan modal yang paling murah dan praktis untuk melakukan aktivitas vlog. Kenapa? Karena smartphone kita dapat berfungsi sebagai kamera video, microphone, alat edit dan alat untuk mengupload ke media sosial seperti youtube, instagram dsb. Soal merk, jelas ya saya menyarankan untuk menggunakan iPhone karena kualitasnya gak diragukan lagi. Tetapi kita tetap bisa menggunakan Smartphone yang kita punya, asal mempunyai kemampuan merekam video dan suara yang cukup mumpuni

2. Gimbal

Smartphone gambarnya terlalu tremor? Tenang saja, jika kita tidak bisa menangani gambar yang terlalu berguncang layaknya gempa bumi, gunung meletus ditambah tsunami, kita bisa berinvestasi dengan gimbal 3 axis yang diperuntukkan khusus untuk smartphone. Jaman sekarang mulai banyak produsen gimbal khusus smartphone. Harga gimbal pun banyak yang dibawah 1 juta rupiah dan kualitasnya sama saja jadi gak usah bingung, tinggal pilih saja sesuai dengan keinginan. 

Soal merk ada banyak kok yang bisa kita miliki. Ada Zhiyun Smooth, Dji Osmo Mobile, Moza Mini Mi, Xiaomi Mijia, Brica B-Steady, Feiyu Vimble, H4, Ulanzi, Katix dan masih banyak lagi.

3. Action Camera

Pakai smartphone dan gimbal teralu heboh? Ok kita enggak perlu deh pake gimbal dan smartphone. Kita cukup pake Action cam saja. Selain barangnya lebih kecil dari smartphone, kita juga mendapatkan kualitas gambar yang jauh lebih baik dan system stabilisasi gimbal atau gimbal-like yang malah lebih stabil daripada menggunakan gimbal. 

Soal produk yang bagus, saya pribadi menyarankan untuk menggunakan untuk menggunakan Gopro Hero 7 Black, Gopro Hero 8, DJI Osmo Action dan DJI Osmo Pocket untuk ini

4. Kamera Mirrorless dan DSLR

Gadget di atas ternyata kurang bagus untuk lowlight? Kita bisa menggunakan kamera yang kita miliki seperti mirorless, DSLR atau malah kamera cinema. Ribet? Mungkin iya, tapi rasanya tidak masalah kalo vlogging kita hanya berkutat di ruangan saja. Kualitas dan kelebihan dari kamera ini tidak akan bisa didapatkan di kamera-kamera di atas. Apalagi kalo kita sudah berada pada level vlogger yang sudah professional, gak ada lagi istilah ribet.

Namun kamera yang berkualitas tinggi gak selalu ribet lho, ada kamera yang memang kualitasnya tinggi namun portabilitas tetap tinggi. Beberapa saran pribadi dari saya adalah : 

Lumix GX85

Kamera ini adalah mirrorless yang sebesar kamera pocket namun lensanya bisa diganti-ganti. Harganya sekitar 5 jutaan, lumayan murah kan? Yang jadi nilai plus dari kamera ini adalah kamera ini bisa menghasilkan resolusi 4K dengan 5 axis sensor stabilizer. Jika punya modal lebih agan dapat menggunakan seri yang lebih tinggi yaitu Lumix GX9, Lumix G95 atau Lumix GH5 yang sudah dapat merekam 10 bit 4:2:2.

Sony RX 100

Nah kalo kamera ini adalah kamera pocket jadi lensanya sudah paten. Saya merekomendasikan ini karena kamera ini FPS nya mencapai 240 fps dan dengan fitur super slow motionnya bisa di up sampai 960 FPS. Cocok lah untuk vlogger yang suka sama slomo-slomoan. Ga perlu pake phantom flex kan? Selain itu kamera ini juga punya fitur super fast motion buat yang suka bikin video seperti timelapse dan hyperlapse.

FujiFilm XA-5

Untuk para kaum terfujilah dengan prioritas ke model atau gaya klasiknya dan para kaum hawa. Kamera ini sudah bisa merekam resolusi hingga 4K lho. Foto yang terkenal sama tone-tone matang dan resolusi fotonya juga 24 megapixel. Tersedia juga fitur bluetooth yang akan memudahkan transfer file. Kamera ini punya banyak pilihan warna, yakni brown, dark grey, pink, silver, dan peppermint green.

Sudah ada bayangan kan kameranya apa saja? Silakan disesuaikan dengan budget dan proporsinya. Ingta ya, man behind the gun itu bener banget. Selamat berkarya, semoga bermanfaat.

Author: Mahendrayana.ST

0 comments