Mengenal Plot Armor di Film


Sedikit spoiler... 

Brian Harper, Jocinda Fowler dan KC Houseman berada di kondisi genting. Mereka berada di dalam satelit bumi dengan armada antariksa yang rusah parah. Seharusnya mereka tidak selamat karena armada mereka sudah hancur lebur dan tidak bisa bernafas. Tapi ternyata mereka dibantu leluhur mereka sehingga mereka bisa bernafas, mendapat semangat juang, armada mereka termasuk senjata EMP juga kembali utuh dan akhirnya mereka bisa mengalahkan musuhnya dan menyelamatkan bumi. Nggak tau ini film apa tapi inilah salah satu plot armor di film ini. 

Apa itu plot armor?

Plot Armor adalah perlindungan secara tidak langsung yang didapat suatu karakter khususnya dalam karya seni cerita yang memiliki karakter, misalnya novel, anime, kartun, film atau apapun itu. Plot armor ada karena dianggap sangat penting bagi cerita tersebut atau bagus untuk bisnis. Penyebabnya? Penulis ceritanya dalam tanda kutip sangat sayang sama karakternya sampai tidak dibiarkan begitu saja untuk mati atau kalah. Alasan yang paling umum dan masuk akal adalah untuk untuk fans service seperti menunjukkan bahwa seorang tokoh sangat hebat sehingga bisa selamat dalam kondisi sulit sekalipun di situasi yang amat sangat genting. Bagaimanapun sulitnya pertarungan atau semustahil apapun situasi, mereka pasti bertahan hingga waktu tertentu atau sampai akhir cerita. Hal itu tentu membuat sebagian besar penikmatnya senang karena masih bisa menonton karakter kesayangannya sehingga pada akhirnya cuan lagi. 

Memang sih plot armor tidak semata-mata untuk bisnis belaka. Sebenarnya esensi plot armor sendiri adalah meniru kehidupan nyata agar lebih nyata kita dimana kita ataupun orang-orang di sekitar pasti pernah mendapatkan keberuntungan. Coba lah lihat di TV, ada orang yang saat bencana tidak mati karena selamat berkat sesuatu. Atau jangan-jangan kita sendiri sering mendapatkannya?

Ada banyak metode bagaimana menyelamatkan tokoh yang seharusnya mati atau kalah tapi tidak jadi. Gak akan saya sebutkan semuanya karena ya tidak terbatas cara dan metode yang digunakan tapi ada beberapa contoh plot armor dalam karya seni cerita

1. Anime/manga Naruto

Para tokohnya udah dihajar sampai babak belur, badan bolong, tangan putus, mata kecongkel, tubuh terbakar, diambil alih biju atau apalah itu. Tapi pada akhirnya bayangin masa lalunya atau dibantu roh siapa gitu, tiba-tiba jadi sehat walafiat atau punya semangat bertarung lagi atau muncul kekuatan apa gitu. Terkadang karakter utamanya menguarkan jurus terkuat dalam film ini yaitu Khotbah No Jutsu yang bikin musuhnya sadar, berpihak ke karakter utama, terus berakhir bahagia. Gitu terus aja. 


2.Film/novel Hunger Games

Dalam film tersebut diceritakan para tokoh harus bertarung satu sama lain sampai mati hingga tinggal satu orang yang bertahan. Intinya ini versi film dari Papji lah. Tapi nyatanya Katniss dan Peeta berhasil bertahan hidup dan menjadi juara, bahkan tetap hidup sampai ceritanya tamat. Apa jangan-jangan server Hunger Games ngebug jadi mereka ini bisa main duo atau gimana? 

3. Film/novel Harry Potter

Yah ini jelas tidak luput. Di kalangan kritikus film, Harry Potter ini sampai dijuluki King of Plot Armor. Karena dia tokoh utama, dia dibuat tidak bisa mati begitu saja dan selalu berhasil lolos dari kematian. Plot armor yang paling jelas adalah ketika Voldemort gagal membunuh Harry waktu bayi karena perlindungan 'cinta ibu'. Eh kayaknya cocok jadi nama warteg. 

4. Anime Yu-Gi-Oh

Sebagai pecinta segala permainan strategi, anime ini memang selalu punya plot armor yang super duper dahsyat. Tiap kali duel, padahal sudah hampir kalah, ada aja keajaiban terjadi yang membuat mereka bisa membalikkan keadaan. Kalo saya sebutkan plot armor masing-masing bakal jadi panjang jadi saya sebutkan beberapa plot armor dan istilah main kartunya mungkin akan saya sederhanakan biar yang belum tau (non-duelist) paham. Pada intinya, permainan Yu-Gi-Oh ini kita bisa prediksi lah siapa yang menang hanya dengan melihat polanya dari beberapa kali nonton. Misalnya saja Yugi Muto sering main curang tapi dia tidak pernah kena tegur atau kena penalti dan duel jalan terus sampai dia menang. Judai Yuki dijadikan manusia paling beruntung sejagat Yu-Gi-Oh karena kartu yang dia dapat tidak pernah jelek sehingga dia tidak bermain dengan menyesuaikan kegunaan kartu, tapi malah efek kartu mengikuti gaya permainannya. Atau Yusei Fudo bisa dibilang selalu punya plot armor ter-apa ya nyebutnya? Intinya ketika dia bertanding dengan musuh yang lumayan susah seperti saat adegan Yusei duel sambil ngebut naik motor super kencang, lupakan kartu yang gak beterbangan. Satu serangan lagi musuh pasti menang. Pas musuh melancarkan serangan terakhir, motornya Yusei malah rusak dan dia jatuh. Hasil tandingnya? Dianggap gak ada hasil, Padahal harusnya Yusei kalah. 



Ya cukup segitu contohnya. Tapi sudah dapet intinya kan? Plot armor ini sering muncul di saat bagian klimaks dari cerita tersebut dan mulai muncul harapan dari penikmat agar si karakter tidak mati. Pada saat ini pula pembuat ceritanya membuat kejutan yang menyenangkan penikmatnya yaitu karakter tersebut selamat entah dari maut, kekalahan atau hal-hal tidak menyenangkan.

Intinya tidak ada yang salah dengan plot armor. Serius. Karena fungsi plot armor sendiri itu untuk menyesuaikan dengan keadaan yang ada di universe kita dimana orang terkadang mendapatkan keberuntungan sehingga selamat dari kematian atau kekalahan. Yang jadi masalah adalah jika plot armor tersebut membuat cerita tersebut bisa tertebak, build ceritanya yang 'menjijikan', pola plot armor yang diulang-ulang, tidak masuk akal, atau yang menjengkelkan adalah pembuat cerita mengaggap semua penontonnya gak mau kehilangan tokoh utama atau beranggapan bahwa penonton ingin karakter yang diidolakannya terlihat sempurna.

Author: Mahendrayana.st

0 comments