Tips Menemukan dan Menggali Ide Cerita

Tips Menemukan dan Menggali Ide Cerita

Saat sedang menonton film pendek atau film panjang, kita sering terhenyak oleh alur yang tak biasa. “kok bisa sih kepikiran gitu?”. Hal keseharian bisa disajikan menjadi tontonan yang apik pasti berawal dari ide yang tak biasa. Tapi bagaimana caranya mendapatkan ide semacam itu? Coba beberapa tips ini yuk agar ide tak terlewat begitu saja.

Jadilah Peka


Peka tidak hanya difungsikan dalam berhubungan dengan makhluk hidup, kemampuan ini juga trebukti ampuh menambang ide. Ketika kita peka, apapun aktivitas kita atau momen yang kita lewati...bisa saja menjadi sumber cerita yang menarik.

Sosial media


Setiap hari ada saja drama di sosial media. Yang sedih, seru, lucu. Coba deh sesekali cari ide dari sana. Sebab, apa yang terjadi dan ramai di sosial media adalah realita yang disaksikan calon penikmat cerita-cerita kita.

Nonton film


Nahh ini sih bener banget. Ketika nonton film kita tidak hanya belajar alur, namun juga meresapi pilihan kata dalam dialog hingga urusan kamera serta editing. Musik yang tepat, color grading, dan masih banyak lagi hal yang ada disana. Menurut saya, medi yang paling efektif untuk menggali ide cerita adalah dari menonton film.

Baca naskah lain


Naskah-naskah cerita bertebaran di internet. Dari sana bisa saja kita mendapat gambaran untuk eksekusi, untuk eksplorasi ide lebih dalam. Karena kadang ide itu sudah ada, bahkan sudah ada sinopsis pendeknya namun mentok dalam pengembangan cerita.

Bagaimana apakah tulisan ini bermanfaat untuk membantumu mendapatkan ide cerita? Yuk bagikan ke teman-teman sineas di sekitarmu!


Food vector created by macrovector - www.freepik.com

0 comments