Membuat Credit Title Film

Membuat Credit Title Film

Credit film atau susunan kru serta pemain film yang umumnya berada di akhir film merupakan suatu keharusan. Credit film yang paling Ikonik menurut saya adalah milik film Starwars. Tak hanya bentuknya yang unik, musik dan font nya pun sangat khas. Apa saja sih yang harus diperhatikan dalam membuat credit film?


Susunan credit film


Suatu kali, saya mendapati susunan kredit film dimana penulis naskah berada paling atas. Lain waktu justru produser. Apakah sebebas itu? Berikut ini aturan penulisan susunan credit film ya.
1. Sutradara
2. Penulis
3. Produser
4. Produser Eksekutif
5. Pemeran Utama
6. Pemeran Pendukung
7. Penata Kamera
8. Desain Produksi
9. Penyunting Gambar
10. Co-produser
11. Penata Musik
12. Penata Suara

Nama kru dan pemain


Perhatikan penulisan nama kru dan pemain. Kadang kita hanya mengenal nama panggilan, tapi apakah yang bersangkutan berkenan? Nama kita berada di credit film tentu sebuah kebanggan, pastikan tidak ada yang tertukar atau salah ketik ya.

Pemilihan font dan bentuk


Ada beragam bentuk credit title, biasanya berisi jabatan dan nama disususun ke bawah. Ada pula yang jabatan di sebelah kiri lalu nama di sebelah kanan. Silakan kompromikan dengan editor, yang mana yang terbaik.

Begitupun dengan pemilihan font. Jangan sampai credit film tak terbaca dengan baik. Pilihlah font, warna dan ukuran yang tingkat keterbacaanya tinggi ketika dilihat di TV, screen lebar, PC, maupun mobile device.


Ucapan Terima kasih


Dalam pembuatan fil, ada pihak-pihak yang membantu kelancaran sejak wal hingga akhir. Meski bukan sponsor resmi, sertakan dalam credit title sebagai ucapan terima kasih kita. Siapa tahu pada project selanjutnya malahan bisa menjadi sponsor bukan?

Semoga tulisan ini bermanfaat, yuk bagikan ke teman-teman sineas di sekitarmu! Food vector created by macrovector - www.freepik.com

0 comments