Dji Mavic 2 Drone Idaman 2018?

Produsen drone professional DJI baru saja mengeluarkan drone terbaru dengan nama DJI Mavic 2. Kesuksesan seri Mavic sebagai drone yang asik dibawa traveling dengan hasil tangkapan gambar menawan disempurnakan di mavic 2. Tak tanggung-tanggung, langsung 2 varian lho yang dilahirkan. Mavic 2 pro dengan keunggulan di kamera dan mavic zoom dengan fitur utama zoom. Mana pilihanmu?

dji mavic 2

Persamaan Mavic 2 pro dan Mavic 2 zoom

Mavic 2 pro dan mavic zoom memiliki fitur Ocusync v2 dan active track v2. Active track v2 adalah nama pasar teknologi DJI yang memungkinkan drone melakukan track objek bergerak dan meperkirakan kondisi sekelilingnya. Bahkan, fitur ini dapat mentrack objek yang terhalang sementara oleh objek lain dengan memperhitungkan kecepatan awal. Misalnya saja drone kita sedang merekam mobil yang berjalan. Di depan ada bukit atau gedung sehingga drone kita terhalang. Drone tetap melakukan track dan tidak bingung seperti pada mavic 1 pro. Drone tetap bergerak memperkirakan sampai mana mobil itu bergerak dengan algoritma kecepatan mobil sebelum terhalang objek.

Perbedaan Mavic 2 pro dan Mavic 2 zoom

Lalu apa perbedaanya mavic 2 pro dan mavic zoom? Mavic 2 Pro menggunakan kamera hasselblad bersensor 1 inch yang peka cahaya. Ukuran sensor ini 4x nya sensor kamera dji yang menancap pada Mavic zoom. Aperture Hasselblad mavic 2 pro 2.8 sampai 11 dengan shutter mekanik. So, nggak akurasi gambar tetap optimal meski objek bergerak. Kalau suka gambar flat karena akan dilakukan color grading saat post processing, mavic 2 pro menyediakan D-log 10 bit lho. Oh, mau gambar matang langsung upload tanpa grading? Tenang, drone ini videonya bisa hdr 10 bit. Kameranya yang super mampu menghasilkan gambar maksimal 20 megapixel.

Pada mavic zoom,  kamera yang dipakai adalah kamera Dji bersensor 1/2.3 yang menggunakan lensa dengan focal length 22-48mm (2x optical zoom). Kemampuan unggulan pada drone ini adalah focus lock ke objek yang dituju, jadi tidak perlu khawatir mengganti focal length. Ini yang memudahkan membuat efek vertigo atau dolly tanpa mengurangi ketajaman gambar. 

Bir lebih jelas, berikut ini penampakannya.
mavic 2 pro
Mavic 2 Pro | source: store.dji.com

Harga : $ 1449 = RP 21.235.000 (kurs rupiah saat peluncuran, Rp. 14.655/USD)

mavic 2 zoom
Mavic 2 zoom | store.dji.com


Harga: $ 1249 = RP 18.304.000 (kurs rupiah saat peluncuran, Rp. 14.655/USD)

Drone lain turun harga?

Meski statusnya maish pre-order (saat tulisan ini dibuat), tapi sudah banyak yang menawarka dji mavic 2 di marketplace. Seperti dugaan banyak pihak, kemunculan DJI Mavic 2 akan menurunkan harga drone pendahulunya baik seri mavic maupun phantom. Kita tunggu saja sampai di tangan untuk dicoba, apakah akan sesuai iklannya? Apakah akan worth it dengan harga segitu? Info lengkap bisa cek di website resmi DJI > DJI store

0 comments